Menemukan Kecantikan Sempurna dengan Berhijab

islam cendekia
Oleh: Eka Dewi Pujayanti
Siswi SMA Muhammadiyah Pati

Wanita sempurna adalah wanita yang memakai jilbab. Mengapa demikian? Sebab Islam menjelaskan bahwa wanita salehah adalah mereka yang menutupi auratnya, terutama bagian rambut yang belakangan ini semakin diabaikan. Lebih dari itu, Islam sebetulnya mewajibkan wanita untuk menggunakan jilbab agar wanita lebih sopan, menawan, dan dihargai.

Betapa senang bukan kepalang jika seorang laki-laki mendapatkan pasangan wanita berjilbab. Kesan kecantikannya benar-benar memancar. Perilaku pun ditata sedemikian baiknya mengingat ia adalah wanita berjilbab. Jilbab selain sebagai daya tarik kecantikan yang sempurna, juga membuat wanita lebih beradab, dihormati laki-laki, dan berusaha bersikap lebih baik karena ia berjilbab. Wanita cantik tak harus membuka aurat seperti gaya “kebaratan” yang sekarang banyak menjadi trand di kalangan remaja, tetapi dengan menggunakan jilbab justru tak kalah cantik.

Karenanya, dewasa ini dunia fashion sedang rame dengan istilah “berhijab.” Alasannya adalah berhijab itu cantik. Kesan “lama” yang menganggap jilbab identik dengan cara berpakaian wanita yang “ketinggalan zaman” jelas merupakan anggapan yang keliru. Faktanya, jilbab kini menjadi trend kecantikan berbusana yang menjamur di setiap lapis fashion wanita. Sehingga wanita cantik bukan berarti wanita dengan rambut lurus berurai dengan kilauan warna-warni cat rambut, tetapi dengan ditutup jilbab yang akan memancarkan kecantikan sempurna di luar maupun di dalam.

Memang tidak ada salahnya jika kecantikan dinilai dari gaya rambutnya, akan tetapi balutan jilbab yang sekarang banyak dibahas dalam berhijab justru akan melengkapi kecantikan wanita. Sebuah kecantikan yang bukan hanya menunjukkan kecantikan dari sisi fisik semata, melainkan cantik sempurna yang meliputi fisik dan akhlak wanita.

Mengapa kita harus mengenakan jilbab? Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik perhiasan adalah wanita salehah. Perempuan adalah makhluk terindah yang diciptakan Tuhan. Filosofi keindahan dalam Islam itulah yang membuat wanita harus “ditutupi.” Dengan cara itulah justru membuat wanita lebih “berharga.”

Berhijab adalah tanggung jawab setiap wanita, yakni dengan selembar kain yang menutupi aurat wanita bagian telinga, leher, dada, hingga pergelangan tangan sampai pergelangan kaki. Maka dari itu, mulailah perbaiki diri dengan berhijab. Dengan demikian, kecantikan yang diperoleh tidak hanya kecantikan “fisik,” tetapi juga inner beauty, yakni kecantikan sempurna yang mendalam akan terlihat saat menggunakan jilbab. Tentu, semoga kita menjadi muslimah yang mengenakan jilbab bukan semata karena trend, melainkan niat yang didorong dengan kesungguhan hati karena Allah.