Pengertian Hibah

Pengertian hibah secara etimologi

Kata hibah merupakan bentuk maşdar dari kata wahabayahabuhibatan (هبة – يهب – وهب) di mana Al-Qur`an menyebutkan kata hibah beserta kata derivatifnya sebanyak 25 kali dalam 13 surat. Dalam kamus Al-Munawir, hibah secara sederhana diartikan dengan "pemberian." Sementara menurut Sayyid Sabiq, hibah diambil dari kata hubūb al-rīḥ yang berarti hembusan angin.

Pengertian hibah secara terminologi
 
Setelah membahas pengertian hibah dari segi kebahasaan, para ulama juga memberikan pengertian secara termonologi atau istilah.

Diantara pendapat para ulama yaitu Muhammad al-Syarbini dalam kitab Al-Mugni mendefinisikan hibah sebagai berikut:

العقد يفيد التمليك بلا عو ض حا ل الحيا ة تطو عا
“Akad yang menjadikan kepemilikan tanpa adanya pengganti ketika masih hidup dan dilakukan secara sukarela.”

Abdul Rahman al-Jaziri dalam bukunya, Fikih Empat mazhab menghimpun definisi hibah dari empat mazhab, yaitu menurut mazhab Hanafi, hibah adalah memberikan suatu benda tanpa menjanjikan imbalan seketika.

Kemudian menurut mazhab Maliki, hibah adalah memerikan suatu barang milik sendiri tanpa mengharap suatu imbalan kepada orang yang diberi.

Mazhab Syafi’i memberikan definisi hibah secara singkat, yaitu memberikan barang milik sendiri secara sadar sewaktu hidup. Sebaliknya, mazhab Hanafi memberikan definisi yang lebih rinci, yaitu pemilikan harta dari seorang terhadap orang lain yang mengakibatkan orang yang diberi boleh melakukan tindakan hukum terhadap harta itu ketika masih hidup dan tanpa mengharap imbalan.

Dari berbagai uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian hibah secara sederhana dapat dipahami sebagai pemberian. Definisi hibah secara lengkap berarti akad yang menjadikan kepemilikan tanpa adanya pengganti ketika masih hidup dan dilakukan secara sukarela. Pada dasarnya, definisi hibah secara logika dapat dipahami sebagai pemberian secara cuma-cuma dan suka rela dari seseorang ke orang lain saat masih hidup.

Demikian pengertian hibah menurut etimologi, terminologi dan menurut syari'at. Semoga artikel definisi hibah bermanfaat bagi pembaca, terutama dalam bidang pengembagnan pemahaman intelektual tentang definisi hibah.