Pengertian Hukum Pidana Islam dan Fiqh Jinayah

Dalam kajian hukum Islam, istilah hukum pidana Islam diambil dari terjemahan fiqh jinayah. Fiqh adalah ketentuan-ketentuan hukum Islam yang merupakan upaya pemahaman manusia, dalam hal ini ulama, terhadap syariat. Sedangkan jinayah berarti pidana. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa fiqh jinayah adalah hukum Islam yang mengatur persoalan pidana.

Dalam istilah bahasa Inggris, fiqh jinayah dikenal dengan Islamic Criminal Law. Secara umum, fiqh jinayah dapat dipahami sebagai ketentuan hukum mengenai tindak pidana atau perbuatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang mukallaf (orang yang dapat dibebani kewajiban), sebagai hasil dari pemahaman atas dalil-dalil hukum yang terperinci dari al-Qur’an dan hadis.

Pengertian hukum pidana Islam


Hukum pidana Islam adalah syariat Allah yang mengandung kemaslahatan bagi kehidupan manusia, terutama syariat Allah yang mengatur tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu ketentraman umum, serta tindakan melawan peraturan-peraturan yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis.

Pengertian fiqh jinayah


Fiqh jinayah merupakan bahasa arab dari hukum pidana Islam. Hanya saja ketika kita melihat kalimat redaksinya, ada sekidit perbedaan dengan hukum pidana Islam, yaitu fiqh jinayah merupakan hukum pidana Islam yang merupakan bagian dari pemahaman ahli fiqh (fuqaha) terhadap syariat Allah, sedangkan hukum pidana Islam sendiri dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan meliputi syariat Allah.


(Islam Cendekia/Lismanto)

1 Response to "Pengertian Hukum Pidana Islam dan Fiqh Jinayah"