Pengertian Hukum Pidana Menurut Para Ahli

Dalam studi hukum pidana, hal yang harus dipahami terlebih dahulu adalah pengertian hukum pidana. Meskipun demikian, banyak pengertian hukum pidana menurut berbagai ahli hukum yang secara redaksi jelas berbeda, namun sama dalam hal substansi. Untuk itu, Islam Cendekia memberikan pemahaman tentang pengertian hukum pidana menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Lemayre
Hukum pidana terdiri dari norma-norma yang berisi keharusan-keharusan dan larangna-larangan yang oleh pembentuk undang-undang telah dikaitkan dengan suatu sanksi berupa hukuman yakni suatu penderitaan yang bersifat khusus.

Van Hacktun
Hukum pidana adalah suatu keseluruhan dari asas-asas dan peraturan-peraturan yang diikuti oleh Negara atau suatu masyarakat hukum umum lainnya dimana mereka itu sebagai pemelihara dari ketertiban hukum umum yang telah melarang dilakukan tindakan-tindakan yang bersifat melanggar hukum dan telah mengaitkan pelanggaran terhadap peraturan-peraturannya dengan suatu penderitaan yang bersifat khusus berupa hukuman.

Pompe
Hukum pidana adalah suatu keseluruhan dari peraturan-peraturan yang bersifat umum, yang diabstraksi atau ditafsirkan dari keadaan-keadaan yang bersifat konkrit.

Simon
Dapat diartikan dalam 2 hal, yaitu hukum pidana dalam arti obyektif dan hukum pidana dalam arti subjektif. Hukum pidana dalam arti objektif adalam Hukum positif (Ius Constitutum) yang berlaku.

Hukum pidana dalam arti subjektif, terbagi dua:
Dalam arti luas: Hak dari Negara dan alat kekuasaanya untuk menghukum yang diperoleh dari peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh hukum pidana dalam arti objektif.

Dalam arti sempit: Hak dari Negara untuk mengaitkan pelanggaran terhadap peraturan-peraturannya dengan hukuman.

0 Response to "Pengertian Hukum Pidana Menurut Para Ahli "

Post a Comment