Banjir Menerpa Puluhan Kelurahan di Pekalongan dan Batang, Jawa Tengah



banjir pekalongan batang jawa tengah
Warga melintasi jalan raya yang diterpa banjir di Kabupaten Pekalongan, Minggu (2/1). Foto : Rian Septianto

PEKALONGAN, Islamcendekia.com – Setelah Kabupaten Pati, Jepara, Kudus dan beberapa Kabupaten lain di sekitar Semarang dihajar banjir dan tanah longsor yang tak berkesudahan, sekarang puluhan desa di kabupaten Pekalongan dan Batang, Jawa Tengah diterpa banjir, Minggu (2/1) dini hari.

Menurut sumber yang dihimpun Islamcendekia.com, banjir berasal dari curah hujan yang sangat tinggi dibarengi dengan banjir kiriman dari daerah yang lebih tinggi. Sontak banjir yang cukup tinggi membuat warga panik.

“Di kabupaten Pekalongan yang terkena banjir, di antaranya kelurahan Panjang Wetan, kelurahan Kandang Panjang, kelurahan Krapyak Lor, kelurahan Tirto, kelurahan Kuripan, Kelurahan Buaran, dan kecamatan Wiradesa. Sementara itu, kabupaten Batang yang diterpa banjir, antara lain Kecamatan Warung Asem, Comal dan Kelurahan Duet,” ujar Rian Septianto (25), warga salah satu Desa di Pekalongan yang terkena banjir.

Sampai saat ini, beberapa kelurahan yang terkena banjir di Kabupaten Pekalongan dan Batang masih diguyur hujan yang tak kunjung reda. Beberapa relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI), SAR, mapala, pemuda koperasi , aktivis mahasiswa, dan segenap warga turut berbondong-bondong mengevakuasi korban banjir.

Sampai saat ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan. Meski demikian, banjir yang melanda kabupaten Pekalongan dan Batang melumpuhkan semua aktivitas warga. “Aktivitas membatik juga terhambat karena banjir sehingga roda perekonomian juga lumpuh,” pungkas Rian.

(Reporter: Lismanto)

Berikut kondisi banjir di wilayah kabupaten Pekalongan. Foto dikirim Rian Septianto.

banjir pekalongan
Suasana banjir di salah satu perumahan di Kabupaten Pekalongan, Minggu (2/1)
banjir pekalongan
Terlihat dua orang melintas di salah satu jalan kelurahan di Pekalongan yang terkena banjir bersama dua orang anak, Minggu (2/1)

0 Response to "Banjir Menerpa Puluhan Kelurahan di Pekalongan dan Batang, Jawa Tengah"

Post a Comment