Sistem Informasi Akademik Baru, Mahasiswa IAIN Walisongo Berharap Nasibnya Diperhatikan


sistem informasi akademik baru iain walisongo semarang
Tampilan SIA baru IAIN Walisongo. Foto: Lismanto
SEMARANG, Islamcendekia.com - Sistem Informasi Akademik (SIA) IAIN Walisongo yang semula beralamat di laman sia.walisongo.ac.id kini berubah menjadi akademik.walisongo.ac.id. Hadirnya laman baru ini juga merubah mata kuliah yang ada, bahkan menghapus mata kuliah yang ada.

Nama mata kuliah yang ganti meskipun substansinya sama, tetapi mahasiswa tidak bisa melakukan input data. Sebagai misal, mata kuliah metodologi studi Islam dan diganti dengan nama pengantar studi Islam. Meskipun isi dan substansinya sama, tapi mahasiswa harus mengulangi kuliah dengan mata kuliah baru. Jadi mahasiswa kebingungan. Ini hanya sebagai misal saja. Demikian keluh salah seorang mahasiwa Tafsir Hadis Fakultas Ushuludin IAIN Walisongo.

Mahasiswa semester 10 Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Alif Miftahul Huda juga tengah kebingungan. "Ada mata kuliah yang dihapus, sedangkan saya belum ambil mata kuliah itu. Di satu sisi, kami kena kewajiban untuk menyelesaikan mata kuliah itu karena saya ikut kurikulum lama. Sementara itu, saat ini mata kuliah itu sekarang tidak ada dan tidak bisa diambil di sistem akademik baru. Nasib kami dipertaruhkan," tutur Alif.

Menurut Alif, ia dibebankan SKS yang harus diselesaikan. Sementara itu, SKS yang dibebankan tidak ada dalam sistem informasi akademik yang baru sehingga ia kebingungan. Belum lagi masalah lain yang membuat mahasiswa pusing tujuh keliling. "Kuliah saja harus dibingungkan dengan sistem yang tidak mapan seperti ini," pungkas Alif.

Sebelumnya, mahasiswa dibingungkan dengan mata kuliah dengan SKS yang berbeda. "Bahasa Arab II semula kami harus menyelesaikan 4 SKS dan itu kewajiban. Tapi saat ini Bahasa Arab II cuma 2 SKS, sehingga kami tidak tahu harus berbuat bagaimana," kata Imam Mashudin, mahasiswa Jurusan Jinayah Siyasah IAIN Walisongo. Ia berharap agar nasib mahasiswa betul-betul diperhatikan.

(Lismanto)

0 Response to "Sistem Informasi Akademik Baru, Mahasiswa IAIN Walisongo Berharap Nasibnya Diperhatikan"

Post a Comment