Sungai Meluap, Jalan Griya Bringin Asri Ngaliyan Terputus

longsor griya bringin asri ngaliyan semarang
Longsor akibat sungai meluap, jalan terputus, Selasa (4/2). Foto : Habib Ulin Niam
SEMARANG, Islamcendekia.com - Hujan tak berkesudahan yang berlangsung di sekitar Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, membuat aliran sungai yang mengalir di Kompleks Perumahan Griya Bringin Asri meluap. Akibat luapan air dan derasnya debet air yang mengalir mengakibatkan tanah di sekitar sungai longsor, Selasa (4/2). Longsor yang diperkirakan berlangsung sekitar pukul 03.00 WIB dini hari mengakibatkan akses jalan putus.

"Hampir saja longsor sampai menjalar memakan rumah warga, karena longsor persis berada di pinggir salah satu rumah warga," ujar M Syarifudin (24), warga Griya Bringin Asri yang menyaksikan longsor berlangsung menjelang subuh.

Akibat longsor tersebut, jalan yang menjadi akses menuju rumah warga lain putus dan membentuk kawah seperti sungai baru. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun hilangnya jalan akibat longsor sempat membuat warga panik," tutur Amin (38), warga tetangga Griya Bringin Asri yang acap singgah di tempat yang terkena longsor.

Mengenai kerugian akibat longsor belum bisa dikalkulasi secara pasti. "Apabila jalan ini jika mau dibenahi, kurang lebih memakan biaya puluhan juta rupiah," pungkas M Basyir, ketua RT setempat.

Sementara itu, Amin menjelaskan bahwa struktur tanah di lokasi kejadian memang kurang padat. "Saya lihat struktur tanah merah khas pegunungan di lokasi kejadian memang kurang padat sehingga mudah longsor saat diterpa air sungai yang mengalir deras sejak hari Senin," katanya.

(Reporter : Lismanto)

0 Response to "Sungai Meluap, Jalan Griya Bringin Asri Ngaliyan Terputus"

Post a Comment