Alasan Diperbolehkan Poligami

Islam mengatur segala hal bukan tanpa alasan, melainkan dengan alasan, landasan, dan bangunan epistemologis yang ditujukan untuk kemaslahatan yang tentunya bertujuan akhir pada tercapainya kepentingan masyarakat bersama. Demikian halnya poligami, ada beberapa alasan diperbolehkannya poligami.

Meskipun demikian, bukan berarti Islam memperbolehkan poligami secara utuh tanpa alasan, tetapi ada beberapa alasan yang patut dijadikan landasan untuk berpoligami. Al-Qur’an sendiri tidak memerintahkan apalagi mewajibkan poligami dan tidak memberikan kesempatan yang longgar kepada kaum muslimin untuk beristri lebih dari seorang.

Diantara sebab-sebab atau alasan diperbolehkan poligami bagi seorang laki-laki muslim menikah dengan lebih dari seorang istri ialah sebagai berikut:

• Istri tidak dapat melahirkan keturunan, sementara suami sangat menghendakinya.
• Banyak perempuan yang tidak menikah, karena jumlah perempuan yang lebih banyak dari jumlah laki-laki.
• Perempuan (janda) yang ditinggal wafat suaminya perlu sekali mendapat pertolongan, baik untuk dirinya maupun untuk anak-anaknya yang telah menjadi yatim dan tidak dapat ditempuh dengan jalan lain kecuali dengan menikahinya.
• Istri yang sudah diceraikan perlu (ingin) rujuk atau kembali menikah, padahal suaminya sudah menikah dengan perempuan lain.
• Seorang laki-laki  yang sudah beristri jatuh cinta kepada perempuan lain yang tidak dapat dihindarinya serta kalau tidak dinikahi maka dia akan terjun kepada perbuatan zina.
• Sebab-sebab lain yang menurut pertimbangan yang masak bahwa poligini atau poligami merupakan satu-satunya jalan yang halal dan dapat ditempuh.

Editor : Lismanto

0 Response to "Alasan Diperbolehkan Poligami"

Post a Comment