Ciri-ciri dan Tipe Kepemimpinan Berwirausaha

Dalam hal ciri-ciri yang dimiliki pemimpin dalam berwirausaha, dibedakan menjadi dua, yaitu pemimpin formal dan pemimpin informal.

Pemimpin formal ialah seseorang yang oleh organisasi tertentu dipilih sebagai pemimpin, berdasarkan keputusan dan pengangkatan resmi untuk memegang suatu jabatan dalam struktur organisasi, dengan segala hak dan kewajiban yang berkaitan dengannya, untuk mencapai sasaran organisasi yang telah ditetapkan.

Pemimpin formal pada dasarnya harus menempatkan, jiwa dan perilakunya untuk menjaga citra kepemimpinannya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat yang dipimpinnya. Efektifitas dan efisiensinya seorang pemimpin formal adalah dengan mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongannya dalam rangka mencapai tujuan yang di cita-citakan bersama.

Sedangkan pemimpin informal adalah orang yang tidak mendapatkan pangkat formal sebagai pemimpin, namun karena memiliki sejumlah kualitas unggul, dia mencapai kedudukan sebagai orang yang mampu mempengaruhi kondisi psikis dan perilaku suatu kelompok.

Ciri-ciri pemimpin informal

1. Tidak memiliki penunjukan formal atau legitimitas sebagai pemimpin.
2. Masyarakat menunjuk dirinya, dan mengakuinya sebagai pemimpin.
3. Status kepemimpinannya berlangsung selama kelompok yang bersangkutan masih mau mengakui dan menerima dirinya.
4. Tidak dapat dimutasikan.
5. Tidak pernah mencapai promosi.
6. Tidak memiliki atasan.

Pemimpin informal dapat saja mempunyai dampak negatif maupun positif terhadap pengikutnya ataupun kelompoknya. Dampak positif seorang pemimpin informal adalah lebih mengutamakan ideologi dan realisasi tujuan rencana kerja daripada tujuan pribadinya, sedangkan dampak negatif dari seorang pemimpin informal adalah mementingkan tujuan dirinya sendiri daripada ideologi-ideologi kelompoknya atau pengikutnya.

Seringkali ideologi digunakan untuk memperoleh kekuasaan dan setelah kekuasaan itu didapatnya, maka ideologi itu ditinggalkan atau diubah sesuai dengan tujuan pribadinya sendiri.

Peranan pemimpin informal dalam penyuluhan pembangunan adalah sebagai tempat bertanya atau shering pendapat ataupun dapat bekerjasama dengan agen pembaruan/penyuluh dalam menyebarluaskan IPTEK dan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pemimpin informal dapat saja dijadikan sasaran penyuluhan terutama pada tataran penyuluhan secara perorangan, karena biasanya para pemimpin informal ini sangat mengerti dan sangat memahami akan masalah warga masyarakat sehingga agen pembaruan/penyuluh sangat terbantu dengan adanya informasi dari mereka selain agen pembaruan tersebut memberikan informasi kepada pemimpin informal tersebut.

Tipe kepemimpinan berwirausaha

Dalam memimpin, seorang pemimpin memiliki tipe dan cirri khas yang berbeda-beda. Dibawah ini merupakan tipe-tipe kepemimpinan menurut kartini kartono (1983) adalah sebagai berikut:

1. Tipe Kharismatik: Pemimpin kharismatik merupakan  kekuatan energi, daya tarik luar biasa yang diikuti oleh para pengikutnya.

2. Tipe peternalistis dan maternalistis; Tipe pemimpin ini bersikap melindungi bawahan  sebagai seorang bapak atau sebagai ibu yang penuh kasih sayang.

3. Tipe militeris: Tipe pemimpin ini banyak menggunakan system pemerintah, system komando, dari atasan kebawahan sifatnya keras, sangat otoriterm, menghendaki bawahan agar selalu patuh, penuh acara formalitas.

4. Tipe otokratis: Tipe pemimpin ini berdasarkan kepada kekuasaan dan paksaan yang mutlak dan harus dipatuhi. Pemimpin ini selalu berperan sebagai pemain tunggal, dan kekuasaan yang bersifat absolut.

5. Tipe Laissez faire: Tipe pemimpin ini membiarkan karyawan berbuat semaunya sendiri, semua pekerjaan dan tanggung jawab dilakukan oleh bawahan. Pemimpin hanya merupakan symbol yang tidak memiliki ketrampilan.

6. Tipe populistis: Tipe pemimpin ini mampu menjadi pemimpin rakyat . dia berpegang pada nilai-nilai masyarakat tradisional.

7. Tipe Administratif: Pemimpin tipe ini merupakan pemimpin yang mampu menyelenggarakan tugas-tugas administrasi secara efektif sehingga diharapkan muncul perkembangan teknis, manajemen modern dan perkembangan sosial.

8. Tipe Demokratis: Tipe pemimpin ini berorientasi pada manusia dan memberikan bimbingan pada pengikutnya. Tipe pemimpin ini juga menekankan pada rasa tanggung jawab dan kerjasama yang baik antar karyawan.

1 Response to "Ciri-ciri dan Tipe Kepemimpinan Berwirausaha"

  1. Okee makasih gan infonya... sangat membantu..

    ReplyDelete