Kepemimpinan dalam Berwirausaha

Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang agar dapat bekerjasama dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebuah perusahaan. Banyak orang yang mempunyai kemampuan memimpin dirinya sendiri tetapi tidak berani mengambil tindakan apapun.

Kepemimpinan mengandung empat faktor kemampuan utama yang perlu dibangun, dan diberdayakan dengan baik yaitu: kemampuan memotivasi dan menjadi contoh bagi yang lain, kemampuan memimpin, mempengaruhi, mendistribusikan kekuasaan (wewenang), dan memberdayakan anggotanya, membangun tim dan kerjasama kelompoknya, kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi untuk mengatasi konflik.

Kepemimpinan (leading) merupakan penggunaan pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Memimpin berarti menciptakan budaya dan nilai bersama, mengkomunikasikan tujuan kepada seluruh diseluruh organisasi, dan memberikan masukan kepada karyawan agar memiliki kinerja dengan tingkat yang lebih tinggi.

Memimpin juga melibatkan pemberian motivasi kepada seluruh departemen, divisi, dan individu yang bekerja langsung dengan manajer. Dalam era yang penuh ketidakpastian, kompetisi internasional, dan keragaman tenaga kerja yang semakin meningkat, kemampuan untuk membentuk budaya, mengkomunikasikan tujuan, dan memotivasi karyawan merupakan hal yang penting untuk keberhasilan usaha.

Sifat umum kepemimpinan berwirausaha

Adapun sifat umum yang mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan di sebuah organisasi, terutama dalam bidang kewirausahaan di antaranya sebagai berikut:

1. Mempunyai kecerdasan

Pada umumya kecerdasan seorang pemimpin yang berhasil lebih tinggi (bisa EQ atau IQ) dari orang yang dipimpinnya, namun gap-nya tidak terlalu besar bila dibanding dengan pengikutnya.

2. Hubungan dengan orang lain (interpersonal)

Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain sangat penting bagi seorang pemimpin dalam tujuannya untuk mengarahkan, membimbing dan mempengaruhinya agar tujuan organisasi bisa tercapai.

3. Kedewasaan
Kepribadian yang bijaksana, tidak emosional, berpikir positif, matang, dan bisa menjadi figur adalah modal penting dari seorang pemimpin untuk mencapai tujuannya.

4. Motivasi orang lain
Tanpa kemampuan untuk menciptakan semangat kerja yang tinggi, gairah dan motivasi bagi orang lain, pemimpin yang tidak mempunyai kemampuan ini sulit mencapai tujuannya.

5. Motivasi diri sendiri
Kemampuan memotivasi diri sendiri sangat penting sebelum memotivasi orang lain.

6. Sikap dan prilaku
Sikap dan prilaku pemimpin menjadi contoh bagi orang lain, sehingga secara tidak langsung tindakannya diikuti orang lain. Untuk itu sikap dan prilaku yang baik dan benar akan mendorong orang bersikap yang sama.

7. Integritas tinggi
Seorang pemimpin harus selalu menjaga integritas dan menjaga kesatuan kelompok agar tetap utuh sehingga ia rela berkorban demi kelompok dan tujuannya.

8. Humoris
Belajar humor itu penting untuk meredakan ketagangan dan menambah semangat. Seorang motivator harus bisa mengatur irama emosi dan situasi agar semangat, gairah dan suasana tetap terjaga dengan baik.

9. Komitmen tinggi
Menjaga komitmen dari apa yang diucapkan, tegaskan, dan nyatakan itu sama pentingnya dalam menjaga harga dirinya sehingga komitmen dan integritas itu menyatu dalam harga diri.

10. Mampu memberikan wewenang
Berbagi kekuatan berarti memberi wewenang sesuai tanggung jawabnya kepada orang lain yang ada dalam kelompoknya. Ikatan itu muncul bila berbagai kekuatan dalam kelompoknya bersatu.

11. Menciptakan rasa aman
Kemampuan menciptakan rasa aman untuk kelompoknya adalah sesuatu yang penting untuk menjaga gairah dan semangat kerja tim.

_____________
Editor : Lismanto

0 Response to "Kepemimpinan dalam Berwirausaha"

Post a Comment