Keunggulan Unnes dari Undip


Seminar Nasional PPS Unnes, Kamis (27/3/2014). Foto: HI
SEMARANG, Islamcendekia.com
Dalam Seminar Nasional yang digelar Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang pada Kamis (27/3/2014), Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman, MHum menjelaskan beberapa perbedaan Unnes dan Undip. “Unnes memiliki konservasi, Undip tidak,” ungkapnya.

Menurut Prof Fathur, konservasi merupakan identitas Unnes. "Di Indonesia bahkan di kancah Internasional  hanya Unnes  yang memiliki konservasi, bahkan di dunia akhirat hanya Unnes yang memiliki konservasi," tuturnya di hadapan ratusan hadirin.

Selain itu, perbedaan Unnes dan Undip juga bisa dilihat dari fungsinya. “Unnes LPTK, Undip bukan LPTK,” tutur profesor asal Banyumas tersebut.

Dalam hal ini, LPTK memiliki beberapa ciri. Mulai dari pengembangan kurikulum, sarana mikroteaching, asrama mahasiswa, inovasi pembelajaran dan publikasi ilmiah. “Unnes sudah menjalankan itu semua,” ungkapnya.

Unnes terus berupaya untuk menjadi kampus internasional, terbukti dengan banyaknya publikasi riset di jurnal nasional maupun internasional dari akademisi Unnes “Tidak ada alasan untuk tidak publikasi,” pungkasnya. Unnes juga memiliki 117 jurnal online. “Tahun 2014 ini, kami menarget 50 jurnal internasional,” ungkap Prof Fathur.

Reporter: Hamidulloh Ibda

0 Response to "Keunggulan Unnes dari Undip"

Post a Comment