Pengertian Hak dalam Islam

Dalam kamus bahasa Indonesia terdapat berbagai sinonim dari kata hak, seperti milik, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu. Sedangkan menurut istilah hukum umum, pengertian hak dalam hukum adalah kekuasaan untuk melakukan sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang atau peraturan lain.

Dalam bahasa Arab juga terdapat banyak arti dari kata hak, seperti ketetapan yang pasti, penjelasan, kebenaran, jatah atau bagian, hakikat, dan kewajiban. Dalam Islam, hak dibagi menjadi beberapa macam. Menurut ulama fiqih macam-macam hak dapat dilihat dari berbagai segi, dari segi pemilik hak, dari segi obyek hak, dan dari segi kewenangan pengadilan (hakim) terhadap hak tersebut.

Oleh karena itu, berikut diuraikan pengertian hak dalam Islam yang didefinisikan oleh berbagai ulama fiqih. Definisi hak menurut pendapat beberapa ulama fiqih sebagai berikut :

1. Menurut sebagian ulama Mutaakhirin
۱ﻞﺤﻜﻡ۱ﻠﺛﺎﺒﺕﺷﺮﻋﺎ
"Hak adalah suatu hukum yang telah di tetapkan oleh syara’"

2. Menurut Syekh Ali Al-Khafifi (asal Mesir) 
ﻤﺼﻠﺤﺔﻤﺴﺤﻘﺔﺷﺮﻋﺎ
"Hak adalah kemaslahatan yang diperoleh secara syara’"

3. Menurut Ustadz Mustafa Ahmad Az-zarqa” (Ahli fiqih Yordania asal Suriah) 
۱ﺨﺘﺼﺎﺺﻴﻘڗﺮﺒﻪ۱ﻟﺷﺮﻉﺴﻟﻃﺔ
“Hak adalah suatu kekhususan yang padanya ditetapkan syara’ suatu kekuasaan atau taklif”.

4. Menurut Ibnu Nujaim (Ahli Fiqih Mahzab Hanafi)
۱ﺨﺘﺼﺎﺺﺤﺎﺤﺯ
     “Hak adalah suatu kekhususan  yang terlindungi”

5. Menurut Wahbah al-Zuhaily
”Hak adalah suatu sifat kekhususan (ekslusif) dimana denganya syara’  menetapkan suatu kekuasaan (otoritas) bagi pemiliknya atau kewajiban atas obyeknya”.

Definisi ini sudah mencakup semua hak yang dimaksud oleh para ahli diatas, seperti hak Allah SWT terhadap hambanya (al-haq al-diniy), hak kepemilikan (haq milkiyyah), hak perwalian (haq al-wilayah), hak mendidik (al-haq al-ta’diby), hak umum (al-haq al-am), seperti hak Negara terhadap rakyat, dan hak nafkah (haq an-nafaqah). Definisi ini juga menunjukkan bahwa sumber kepemilikan terhadap hak itu berasal dari syara’, karena hak dalam pandangan Islam adalah pemberian Allah SWT.

0 Response to "Pengertian Hak dalam Islam"

Post a Comment