Perkuat Pertahanan Laut, Presiden SBY Nyatakan Siap Perang

Dok: Staf khusus Presiden Republik Indonesia
JAKARTA, Islamcendekia.com - Tidak lama setelah Indonesia membeli 16 pesawat tempur T-50i dari Korea Selatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah udara, kini Indonesia menyiapkan kekuatan di wilayah laut. "Kita ini tidak ingin perang, namun jika harus bertempur dan pertahankan kedaulatan, kita sudah siap. Kekuatan TNI AL (red: angkatan laut) kita bertambah lagi," ujar Presiden SBY saat meninjau gelar alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Laut di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/3).

Alutsista yang digelar merupakan alutsista baru hasil pengadaan pada program pembangunan kekuatan matra laut periode rencana strategis 2005-2009 dan 2010-2014.

Sebelum peninjauan, Menteri Pertahanan Purnomo memberikan laporan tentang beberapa alutsista yang telah datang diantaranya, empat unit Kapal Perang Korvet kelas Sigma, empat unit KRI kelas LPD (Landing Platform Dock), empat unit Kapal Cepat Rudal (KCR) tipe 40 M, dan dua unit Kapal Patroli Cepat (PC) tipe 43 M buatan industri pertahanan dalam negeri.

Untuk Korps Marinir TNI Angkatan Laut sudah datang 54 unit Tank amphibi jenis BMP-3F dan satu unit BREM-L (tank recovery), serta 15 unit Panser LVT (Landing Vehicle Tank) 7 AI. Selain itu, datang dua unit Pesawat Terbang CN 235-220 MPA, empat unit Pesawat Terbang Latih Bonanza G-36, dan tiga unit Heli Bell 412 EP. Dalam waktu dekat, tiga unit Kapal Perang Fregat kelas MRLF, tiga unit KCR tipe 60 M, dan dua unit Kapal PC tipe 43 M siang didatangkan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan di Indonesia.

Meskipun Indonesia sudah mulai memikirkan untuk mempersiapkan pertahanan, tetapi pada level produksi Indonesia masih membeli dari negera lain. Artinya, belum ada upaya untuk meningkatkan kualitas pengetahuan yang mumpuni untuk memproduksi sarana untuk pertahanan negara. Walau begitu, upaya peningkatan pertahanan negara perlu mendapat apresiasi.
__________________________
Sumber : Staf Khusus Presiden RI

Editor : Lismanto

0 Response to "Perkuat Pertahanan Laut, Presiden SBY Nyatakan Siap Perang"

Post a Comment