Prodi Dikdas Unnes Bentuk Tutor Tesis

Semarang, Islamcendekia.com - Forum Mahasiswa Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Univeritas Negeri Semarang pada Sabtu (8/3/2014) menggelar “Pelantikan Forma, Refleksi Pembelajaran dan Pembentukan Tutor Sebaya Penyusunan Tesis” di Gedung G kampus Unnes Bendan, Semarang. Agenda yang digelar pagi hari ini dihadiri puluhan mahasiswa Dikdas (S2) dari beberapa konsentrasi, meliputi Bahasa Indonesia, PGSD, IPS, IPA, Matematika dan PAUD.

Andang Setiawan, SPd selaku ketua Forma Dikdas mengatakan agenda ini menjadi awal mahasiswa Dikdas untuk menyusun tesis. “Nantinya mahasiswa akan dipandu oleh seorang dosen pembimbing dan dibentuk satu kelompok dengan anggota lima mahasiswa untuk menyusun tesis agar lulus tepat waktu,” tuturnya.

Idealnya untuk menjadi magister itu ditempuh hanya 2 tahun. Namun hal itu perlu perjuangan panjang, dan yang paling berat adalah menyusun tesis sebagai tugas akhir. Senada dengan hal itu, Jefrey Oxianus Sabarua, SPd menyatakan kegiatan ini sangat penting bagi seorang mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa pascasarjana, karena di akhir masa studi, setiap mahasiswa pasti akan dihadapkan dengan berbagai kendala, baik yang berasal dari diri sendiri maupun dari luar.

Menurut lulusan UKSW itu, kesulitan mahasiswa sangat komplek. “Banyak sekali kesulitan mahasiswa, antara lain kebingungan dalam menentukan judul tesis, kurangnya inspirasi dalam menyusun tesis yang diakibatkan tidak adanya teman/patner dalam menyusun tesis, sukarnya bertemu dan memperoleh dosen pembimbing yang benar-benar memberikan waktu untuk membimbing dan sebagainya,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri Prof Dr Ani Rusilowati, MPd selaku Kaprodi Dikdas PPS Unnes dan memberikan motivasi dan arahan bagi mahasiswa dikdas agar segera lulus tepat waktu dan tidak ada yang droup out (DO).

Reporter: Hamidulloh Ibda

0 Response to "Prodi Dikdas Unnes Bentuk Tutor Tesis"

Post a Comment