USAID PRIORITAS Jateng Blusukan Ambil Data di Semarang


Pengambilan data EGRA USAID PRIORITAS Jateng di Semarang
SEMARANG, Islamcendekia.com
Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Prioritas Jawa Tengah pada Sabtu (15/3/2014) mengambil data early grade reading assesment (EGRA) di beberapa SD/MI wilayah Kota Semarang.

Seperti kita ketahui, USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators and Students) merupakan program yang dikembangkan USAID dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas akses pendidikan dasar di Indonesia.

Menurut salah satu Tim Asesor EGRA, Dian Marta Wijayanti, SPd menyatakan hanya beberapa perwakilan SD/MI mitra LPTK Unnes, IAIN Walisongo Semarang dan UNY yang akan diambil datanya. “Kami mengambil data ini untuk mengetahui kemampuan membaca tahap awal siswa sekolah dasar di Indonesia,” tuturnya kepada Islamcendekia.com.

Guru SDN Sampangan 1 ini menuturkan bahwa selain di Semarang, tim asesor EGRA USAID Prioritas Jateng juga akan mengambil data di Jogjakarta pada 20 Maret 2014 nanti. Tim Asesor USAID Prioritas Jawa Tengah juga beragam. Mulai dari dosen, guru dan mahasiswa. “Semua memiliki tugas masing-masing dan berjuang untuk memajukan pendidikan Indonesia,” pungkasnya.

Untuk hari Sabtu (15/3/2014), kami mengambil SDN Sekaran 1, SDN Tambakaji 4, SDN Beringin 2 dan MI Miftahul Akhlaqiyah. “Masing-masing sekolah diambil 24 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan,” ungkapnya.

Dalam pengambilan sampel, lanjutnya, dilakukan secara random sampling. “Setelah diacak, siswa dinilai tentang kemampuan membaca,” tuturnya. Tujuan agenda ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa SD/MI.

Reporter: Hamidulloh Ibda

0 Response to "USAID PRIORITAS Jateng Blusukan Ambil Data di Semarang"

Post a Comment