Nilai Dasar Politik Islam

Nilai dasar politik Islam yang dimaksud di sini adalah sebuah nilai dasar politik yang menjadi dasar atau pijakan terhadap suatu pemerintahan berbasis Islam. Politik biasanya diimplementasikan dalam lembaga pemerintahan, sehingga nilai dasar politik dalam pemerintahan Islam dibagi ke dalam beberapa prinsip dasar, antara lain sebagai berikut:

Prinsip amanah

Prinsip amanah  (acountability) adalah bahwa kekuasaan yang dimiliki pemerintah merupakan amanah yang diberikan Allah SWT melalui transisi birokrasi. Oleh karena itu, perilaku politik pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan secara politis dan spiritual religius kepada Allah. Dengan demikian kekuasaan pemerintah tidaklah absolut melainkan proporsional.

Prinsip keadilan

Prinsip keadilan (justice oriented) memiliki arti bahwa ekuasaan menjalankan roda pemerintahan harus mengacu pada prinsip keadilan. Setiap aturan pemerintah yang berkaitan dengan pelaksanaan kekuasaannya berorientasi pada terwujudnya keadilan.

Prinsip kerakyatan

Prinsip kerakyatan (civil oriented) berarti bahwa aktualisasi kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah harus selalu mengacu pada kepentingan rakyat. Pemerintah menerima amanat kekuasaan dari rakyat maka segala kekuasaan pemerintahannya harus diorientasikan pada kepentingan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, teologi ekonomi dan fiqih ekonomi yang dikembangkan pemerintah juga haruslah teologi ekonomi dan fiqih ekonomi kerakyatan, bukan kapitalistis. Prinsip-prinsip politik pemerintahan sebagaimana dijelaskan dapat ditegaskan bahwa politik pemerintahan Islam harus mengacu pada prinsip amamah, keadilan, kerakyatan, dan total quality.

0 Response to "Nilai Dasar Politik Islam"

Post a Comment