Sukses Bisnis Online Ala Anne Ahira

Anne Ahira - Foto: Lismanto
Anne Ahira. Foto: Lismanto
SEMARANG, Islamcendekia.com - Siapa yang tak kenal dengan Anne Ahira? Pendiri Asian Brain ini beberapa tahun terakhir namanya mencuat sebagai pembisnis online Indonesia yang mendunia. Namun di balik kesuksesan Anne Ahira, banyak kisah menarik yang tidak banyak orang tahu. Perjuangan Anne Ahira dari kecil hingga menjadi milyarder diceritakan secara singkat pada Youth Entrepreneur Forum yang diselenggarakan C Radio dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hotel Novotel, Semarang, Selasa (22/4/2014).

"Saya pernah menjadi penjual pisang goreng, es buah, dan segala macam yang bisa saya jual untuk membantu ekonomi orang tua. Namun sejak kecil, saya punya mimpi banyak, salah satunya keliling dunia. Pernah suatu ketika saya menempelkan gambar tempat-tempat terkenal di dunia, kemudian saya tempelkan foto saya hasil dari fotokopi. Akhirnya mimpi saya terwujud, bahkan sama persis dengan tempelan foto saya yang ada di gambar saat kecil dulu," ujar Anne Ahira tersenyum lebar.

Menjadi ahli itu pilihan

Salah seorang audien bertanya kepada Anne Ahira, "Saya ini wanita politisi, tetapi saya juga bergairah di dunia kewirausahaan. Menurut Anne Ahira, apa langkah yang bisa saya ambil? Menjadi politisi, entrepreneur, atau dua-duanya?"

"Profesi itu pilihan. Kalau Anda ingin menjadi ahli, maka pilihlah salah satu. Jika Anda ambil dua-duanya, Anda bisa mengambilnya, tetapi hasilnya hanya setengah-setengah. Karena itu, saya berpendapat pilihlah salah satu jika Anda ingin menjadi ahli (expert) di bidang tersebut," jawab Anne Ahira.

Kiat sukses bisnis online

Pada sesi tanya jawab, Anne Ahira banyak mendapatkan pertanyaan dari peserta. Dari sesi ini banyak tips dan kiat sukses online yang diberikan Anne Ahira kepada peserta. "Ada beberapa kunci untuk sukses dalam berbisnis online. Pertama, buat nama laman yang singkat dan mudah diingat. Membuat domain sendiri lebih direkomendasikan daripada menggunakan blog gratisan. Kedua, bangun sebuah brand. Jika brand sudah dikenal, itu artinya kita sudah mulai sukses dalam berbisnis. Ketiga, buat laman dengan bahasa Inggris jika ingin produknya dikenal sampai luar negeri," kata Anne Ahira.

Selain itu, Anne Ahira menekankan untuk memberikan hadiah pada momen tertentu, misalnya kaos, baju, dan lain sebagainya. Menangkap data pembeli juga menjadi syarat untuk memajukan bisnis online, misalnya dengan melakukan repeated email. Selanjutnya, Anne Ahira mengatakan bahwa jasa SEO bukan jaminan jika situs bisnis kita berada paling atas pada SERP. "Saya sarankan untuk membuat SEO sendiri secara baik. Kalau kita membeli jasa SEO, tidak ada yang menjamin bahwa situs kita berada pada peringkat atas di penelusuran," tutur Anne Ahira.

Pewarta : Lismanto
Foto : Lismanto

2 Responses to "Sukses Bisnis Online Ala Anne Ahira"

  1. wahh boleh juga nih kiat-kiatnya hebattt

    ReplyDelete
  2. Anne Ahira merupakan salah satu sosok yang saya kagumi

    ReplyDelete