Contoh Pidato Islami

Pidato merupakan bagian dari cara berkomunikasi yang baik kepada hadirin atau khalayak luas. Bahkan, pidato bisa mempengaruhi seseorang. Berawal dari pidato, tidak jarang sebuah peradaban dan perubahan besar hanya berawal dari pidato. Oleh karena itu, pidato yang baik bisa memberikan pengaruh yang luar biasa pada khalayak, terutama hadirin.

Ilustrasi. Sumber: bimbingan.org
Kalau pidato itu ditayangkan di media massa seperti televisi, tentu pidato itu punya kekuatan tersendiri untuk mempengaruhi masyarakat luas. Untuk berpidato, orang yang berpidato harus jeli melihat audiens yang menjadi target berpidato. Jika acara atau kegiatan yang menjadi target berpidato adalah kegiatan Islami, maka seseorang harus bisa memberikan pengantar pidato yang Islami pula. Meskipun tidak kegiatan Islami tetapi jika sebagian audiens adalah umat Muslim, maka setidaknya kata pengantar dalam berpidato ada semacam bahasa Islami agar pidato itu relevan dengan situasi dan kondisi suatu acara yang sebagian besar diikuti oleh umat Muslim tersebut.

Adapun contoh pidato Islam atau naskah pidato Islami adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Bapak Prof. Dr. Lismanto, LLM selaku rektor Universitas Nusantara. Yang kami hormati pula, Ibu Dr. Ririn Pinawati, M.Pd selaku Dekan Fakultas Pendidikan Universitas Nusantara. Tidak lupa, yang saya banggakan mahasiswa Universitas Nusantara yang bersedia hadir pada acara peringatan Isra Miraj yang berbahagia ini.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita diberikan kesehatan dan kesempatan untuk bisa menghadiri peringatan Hari Isra Miraj Nabi Muhammad Saw di Auditorium 1 Lantai 5 Universitas Nusantara.

Tidak lupa, kami haturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw yang telah mengantarkan kita dari zaman Jahiliyah menuju zaman berperadaban dan bermoral yang tentunya diridhoi oleh Allah Swt. Berkat jasa Beliau juga, kita semua bisa mendapatkan hidayah yang setinggi-tingginya menuju jalan Allah. Terlebih, syafaat Beliau yang kita harapkan sekarang dan mendatang, selamanya.

Bapak, ibu, dan hadirin yang berbahagia. Isra Miraj merupakan tunas atau embrio lahirnya shalat lima waktu sebagaimana kita jalankan setiap hari sampai saat ini. ... (Isi silahkan disesuaikan dengan tema)

....... (konten bisa disesuaikan. Kalau pidato Isra miraj silahkan menyesuaikan)

Demikian, pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Apabila terjadi salah kata atau mungkin menyinggung perasaan hadirin sekalian, saya ucapkan beribu-ribu maaf. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Akhirul kalam, ihdinassirotol mustakhim. Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh pidato Islami ini merupakan contoh naskah pidato Islami yang diambil dari banyak tokoh-tokoh Islam yang memberikan kata sambutan atau pidato dalam rangka memperingati berbagai acara, bukan hanya acara Islam saja. Kurang lebihnya naskah pidato Islami semacam itu. Terkait dengan konten atau isi, orator atau orang yang berpidato bisa berkreasi sendiri. Namun, yang paling penting dalam perpidato adalah bagaimana maksud dari acara itu tersampaikan kepada hadirin, sekaligus bisa memberikan pengaruh yang positif kepada hadirin. Demikian contoh pidato Islam singkat yang dari awal mengambil contoh pidato Isra miraj. Semoga bermanfaat.

Penulis: Octavia Devi Puspita Sari

0 Response to "Contoh Pidato Islami"

Post a Comment