Mahasiswa Ekonomi Islam Gelar Lomba Debat Wacana

Mahasiswa Ekonomi Islam Gelar Lomba Debat Wacana
Dewan juri melakukan penilaian terhadap peserta lomba debat wacana. Dok. Wida
SEMARANG, Islamcendekia.com - Dalam rangka menanggapi wacana mutakhir yang belakangan menjadi problem di Indonesia, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam menggelar Lomba Debat Wacana di American Corner IAIN Walisongo, Rabu (30/4/2014). Lomba debat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam beberapa tim, antara lain tim Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Justisia, Forum Studi Ekonomi Islam (Forshei), Forum Diskusi dan Orasi Aksi (Fordiksi), Komunitas Mahasiswa Astronomi Islam (Css Mora), Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Perdata Islam, mahasiswa Hukum Ekonomi Islam, dan lain sebagainya.

Adapun wacana yang mereka perdebatkan, di antaranya mengenai relevansi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga keuangan, Peraturan Daerah (Perda) Bengkulu: Shalat Jamaah Dapat Doorprize, Denda 50 Juta Bagi Pemberi Pengemis, Masih Layakkah Ujian Nasional (UN) Jadi Penentu Kelulusan, Pemilihan Legislatif Ulang: Efektif atau Tidak, Kasus Denda Diyat Satinah, dan Kesiapan Indonesia Menghadapi Pasar Bebas. Dari babak penyisihan, semi final, hingga final, Lomba Debat Wacana dimenangkan oleh tim LPM Justisia sebagai juara pertama, Fordiksi keluar sebagai pemenang kedua, dan Forshei menyabet juara ketiga. Sementara itu, Css Mora berada pada urutan keempat.

"Lomba debat wacana ini bertujuan untuk mengasah mental dan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara intelektual-akademis dan santun. Dalam lomba debat ini, ada empat aspek yang dinilai, yaitu substansi atau penguasaan materi, argumentasi, etika, dan kerja sama tim. Dengan empat kriteria tersebut diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk cerdas dalam menguasai materi wacana, pandai berargumentasi, santun dalam menyampaikan pendapat, dan punya kapabilitas dalam hal kerja sama tim secara baik," ujar Wida Ismeiva selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam IAIN Walisongo.

Lomba debat wacana ini menghadirkan dewan juri dari berbagai kalangan, di antaranya Lismanto (Pemimpin Umum Media Online Islamcendekia.com), Ceprudin (Peneliti pada Lembaga Studi Sosial dan Agama Semarang), dan Ali Masykur (Pengkaji wacana pada Kelompok Studi Mahasiswa Walisongo). "Lomba debat wacana sangat baik untuk perkembangan nalar kritis mahasiswa sekaligus melatih kemampuan intelektual, cara berargumen yang baik, santun, dan bisa bekerja sama dengan baik. Indonesia ini butuh generasi bangsa yang idealis dan kritis untuk memajukan bangsa Indonesia sebagai bangsa besar. Salah satu cara untuk mengasah nalar generasi bangsa yang idealis dan kritis itu bisa dilakukan dengan menggelar lomba debat," tutur Lismanto saat ditemui Islamcendekia.com di American Corner IAIN Walisongo, Rabu (30/4).

Pewarta : Octavia Devi PS

0 Response to "Mahasiswa Ekonomi Islam Gelar Lomba Debat Wacana"

Post a Comment