Arti dan Makna Nisfu Syaaban

Malam Nisfu Sya'ban adalah malam yang paling dinantikan oleh semua umat Muslim. Pasalnya, ajaran Islam mengajarkan bahwa malam Nisfu Syaaban merupakan malam yang paling mulia dan baik setelah malam Lailatul Qadar. Tak ayal, setiap malam Nisfu Sya'ban, setiap umat Muslim saling mengingatkan untuk menjalan ibadah lebih di malam Nisfu Syaaban.

Dengan mengingatkan keutamaan malam Nisfu Sya-ban itu, siapa pun yang mengingatkan kepada sesama Muslim akan mendapatkan pahala dan keutamaan dari Allah Swt. Berawal dari keyakinan atas doktrin Islam tersebut, umat Muslim berbondong-bondong untuk saling mengingatkan untuk melakukan ibadah pada malam Nifsu Sya'ban, baik dari mulut ke mulut secara langsung hingga melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, hingga BlackBerry Mesenger (BBM).

Salah satu pesan untuk menjalankan ibadah lebih banyak di malam Nisfu Sya'ban sebagai berikut: "Assalamualaikum wr. wb. Malam Nifsu Sya'ban insyaallah terjadi pada Kamis, 12 Juni 2014 yang merupakan malam tutupnya amalan. Sebelum terlambat, saya bersama keluarga meminta maaf atas segala kesalahan, baik yang disengaja maupun kesalahan yang tidak disengaja. Nabi Muhammad Saw bersabda: 'Barang siapa mengingatkan kedatangan bulan Nisfu Sya-ban ini (kepada sesama umat Muslim) maka haram api neraka baginya. Subhanallah. Wassalamualaikum wr. wb." Demikian sepenggal kalimat yang tersebar di media sosial BBM.

Malam Nisfu Syaaban Bulan

Apa itu Nisfu Sya'ban
Nisfu Syaaban merupakan waktu di mana terjadi pada 15 bulan kedelapan atau syaaban yang dihitung dari kalender Islam. Malam Nisfu Sya-ban sendiri biasa diperingati dengan berbagai ibadah untuk mendapatkan pahala yang lebih besar ketimbang hari biasa. Tentu, Nifsu Syaaban menjadi waktu untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Lalu, apa itu Nisfu Syaaban? Apa pula makna Nisfu Syaaban? Nisfu Syaaban bisa diartikan sebagai malam pengampunan dosa. Nisfu Syaaban juga bisa dimaknai sebagai malam berdoa. Dengan arti ini, malam Nisfu Syaaban merupakan malam di mana dianjurkan untuk berdoa lebih banyak kepada Allah mengingat malam ini merupakan malam yang mulia. Malam Nisfu Syaaban juga menjadi momentum untuk memanjatkan segala keinginan dan doa agar dikabulkan oleh Allah Swt.

Selain itu, Nisfu Syaaban juga memiliki makna "malam pembebasan". Nisfu Syaaban bisa jadi diartikan sebagai malam tutup buku amal dan diganti dengan buku baru. Yang dimaksud buku di sini adalah buku catatan segala amal manusia yang dicatat dan dibukukan secara rapi oleh malaikat.

Nisfu Syaaban acapkali diperingati dengan begadang atau berjaga sepanjang malam untuk beribadah. Di sejumlah daerah yang masih menjunjung tinggi tradisi, terumata kalangan Muslim Nahdliyin, Nifsu Syaaban juga menjadi momentum untuk memperingati wafatnya leluhur yang sudah meninggal dengan mendoakannya.

Tradisi peringatan Nisfu Syaaban ini biasa dilakukan dengan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Kebiasaan membaca yasin sebanyak tiga kali ini biasa dilakukan oleh Muslim di Indonesia dan Arab Saudi.

Menurut petunjuk dari para ulama, amalan untuk memperingati malam Nisfu Syaaban adalah shalat Magrib, membaca surat yasin sebanyak 3 kali, membaca doa Nifsu Syaaban, dan selanjutnya memperbanyak ibadah dengan dzikir, shalawat, istighfar, serta perbanyak doa untuk meminta sesuatu kepada Allah.

Dalil Nisfu Sya'ban
Adapun dalil mengenai keutamaan Nifsu Sya'ban bisa dilihat dalam hadis yang diriwayatkan Ali Bin Abi Thalib: "Rasulullah Saw bersabda: 'Apabila malam Nishfu Sya’ban hadir, shalatlah pada malam hari dan berpuasalah pada siang harinya. Sesungguhnya di malam itu setelah matahari tenggelam, Allah turun ke langit dunia seraya berkata: 'Adakah (orang) yang beristighfar kepadaKu, maka Aku akan mengampuninya. Adakah (orang) yang memohon rejeki, niscaya Aku akan memberikan kepadanya rejeki. Adakah (orang) yang sedang terkena bala (baca: musibah, malapetaka), maka Aku akan menyelamatkannya, demikian seterusnya sampai matahari muncul dari ufuk timur dan fajar terbit. Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

1 Response to "Arti dan Makna Nisfu Syaaban"

  1. Nifsu atau nisfu? Klo nisfu artinya setengah, klo nifsu?

    ReplyDelete