Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

SEMARANG, ISLAMCENDEKIA.COM  - Selama ini banyak penelitian mengungkapkan bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya secara rohani, namun secara jasmani sudah banyak fakta ilmiah menyebutkan bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Di dalam Alquran, Allah Swt berfiman yang artinya; Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian untuk berpuasa sebagaimana juga telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa (Q.S. Al-Baqarah: 183).

Ayat di atas menyebutkan bahwa puasa bagi umat Islam hukumnya wajib. Namun secara faktual, masih banyak umat Islam yang meragukan manfaat puasa. Artinya, ibadah ini hanya dinilai sebagai ritual tahunan. Padahal, jika kita mau meneliti, banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari ibadah puasa Ramadan. 
Allah Swt juga berfirman di Alquran yang artinya; Dan andai kalian memilih puasa tentulah itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui (Q.S. Al-Baqarah: 184).

Menanggapi hal itu, Nailul Mukorobin, pemerharti Psikologi Universitas Negeri Semarang menyatakan bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kondisi psikis manusia. “Puasa akan mengatur pola makan dan kejiwaan kita. Karena dengan puasa, jam dan waktu makan kita teratur,” ujarnya kepada Islamcendekia.com.

Senada dengan itu, Dewi Ayu Jamilah, peneliti kesehatan di STIKES Cendekia Utama Kudus menyatakan bahwa puasa secara medis sebenarnya bisa digunakan untuk terapi kesehatan. “Dengan berpuasa, lambung kita akan terarah, terorganisasi dan mampu berdampak positif bagi tubuh,” tuturnya. Fakta terbaru, lanjutnya, banyak orang yang sakit lambung bisa sembuh karena terapi puasa. Hal itu seharusnya tidak dilakukan ketika Ramadan saja. “Namun puasa hari Senin dan Kamis juga bisa mengatur pola makan dan kesehatan lambung,” tutur Dia.

Muharom Alrosyid, mantan Direktur BPL HMI Cabang Semarang juga menyatakan bahwa dalam rumus internal Islam sering disebutkan “puasalah agar kalian sehat”. Pesan ini sangat ilmiah dan substansial jika dijadikan pijakan umat Islam untuk meneliti manfaat puasa.

Reporter dan Editor: Acmad Hasyim

0 Response to "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"

Post a Comment