Pemuda dalam Indonesia Youth Forum

WAKATOBI, Islamcendekia.com - Perhelatan Indonesia Youth Forum 2014 telah usai diadakan pada 21-24 Mei 2014 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Mengambil tema “The Role  of  Youth  :  Action  on  Preserving  Heritage  and  Marine Tourism   Sutainability”, forum ini  bertujuan  untuk  meningkatkan kesadaran  serta  peran  pemuda  terhadap segala hal yang berhubungan dengan  keberlangsungan  cagar  alam  dan  pariwisata maritim.

Merangkul berbagai stakeholder, Indonesia Youth Forum 2014 mempertemukan pemuda dengan para pengusaha, pemimpin, pemerintah, bahkan masyarakat lokal. Microsoft Indonesia, Coca-cola  Foundation, Ford Foundation, Kementerian  Pemuda  dan  Olahraga RI merupakan institusi yang turut berkontribusi dalam forum ini. Jend  (Purn).  Luhut  B.  Panjaitan, Ir. Hugua (Bupati  Wakatobi), serta Abdul Manan (Presiden Suku Bajau) juga berbagi pengalaman dan motivasi kepada para peserta. Terdapat pula agenda live-in dengan orang tua asuh, kunjungan ke Kampung  Bajau, serta kegiatan pembersihan lingkungan sembari berinteraksi dengan Masyarakat Bajau setempat.

Selain mendapatkan kelas fundrising  strategic oleh  Ira  Guntur dan kelas building  partnership oleh  Kemal  Soeryawijaja, dalam forum ini, pemuda juga mendapatkan wadah untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Isu-isu penting seperti pendidikan, lingkungan, kesehatan, serta social-preuner banyak diangkat sebagai bahan focus group discussion guna memberikan masukan bagi proyek sosial yang akan atau telah mereka implementasikan.

Indonesia Youth Forum 2014 dibuka dengan serangkaian sambutan, pertunjukan ritual adat, suguhan Liwong, serta pelepasan lampion dan ditutup langsung oleh Bupati Wakatobi. Ditandai dengan peletakkan Batu Pertama Pembangunan “Tugu Pemuda Biosfer Indonesia” dalam agenda sebelumnya, pemuda Indonesia diharapkan dapat semakin terbedayakan dan termotivasi untuk  melakukan  perubahan yang berarti.

Teks dan Foto : Ulfah Hanifah

0 Response to "Pemuda dalam Indonesia Youth Forum"

Post a Comment