Pesan Ramadhan Raja Saudi: Tumpas Terorisme

ISLAMCENDEKIA.COM - Raja Saudi Abdullah melalui pesan Ramadhan yang disampaikan Sabtu (28/6), mengucapkan janji akan menumpas militan Islam yang berpotensi mengancam kerajaan Arab Saudi. Kantor berita pemerintah Arab Saudi melaporkan, eksportir minyak utama dunia tidak akan toleran terhadap kelompok teroris.

Pernyataan tersebut disampaikan dua hari pasca-Raja Saudi menerapkan langkah-langkah untuk melindungi negara dari ancaman teroris, terutama yang dihasilkan dari kekacauan di Irak di mana militan Islam Sunni telah menyandera beberapa kota dari pemerinah Perdana Menteri Nouri al Maliki.

"Kami tidak membiarkan kelompok-kelompok teroris yang mengambil agama sebagai kedok untuk menutupi kepentingan pribadi dalam rangka meneror umat Islam, menyentuh tanah air kita atau anak-anak atau penduduk yang telah dilindungi (red: negara)," tutur Raja Abdullah melalui sebuah pesan awal bulan suci Ramadhan.

Saudi Arabia mengklaim telah menghancurkan al Qaeda setelah kelompok militan Islam menggelar kampanye pemboman dan serangan terhadap instalasi vital dan orang-orang ekspatriat dalam kerajaan Saudi.

Sebagai sekutu kerajaan Arab, Amerika Serikat (AS) telah mengalami kebingungan terkait dengan kemajuan pesat militan Sunni melalui melalui Irak yang dipelopori oleh Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL) dengan dibantu militan Sunni Muslim lainnya, pemimpin suku, serta sisa-sisa Partai Baath Saddam Hussein yang menyebar luas di negara bulan ini.

Tempat yang menjadi kelahiran Islam ini melihat dirinya sebagai juara dari nilai-nilai Islam Sunni murni di mana ia menganggap umat Syiah Iran sebagai musuh utama di wilayahnya.

Penulis: Lismanto
Sumber dan foto: Reuters

0 Response to "Pesan Ramadhan Raja Saudi: Tumpas Terorisme"

Post a Comment