Tips Bermain Gitar Ala Jubing Kristianto

Jubing Kristianto saat menjawab pertanyaan hadirin. Foto: Lismanto
SEMARANG, Islamcendekia.com - Tidak banyak seorang artis atau seniman yang tampil di berbagai acara, lantas ia mengajarkan apa yang menjadi keahliannya kepada hadirin. Sebagian besar dari seniman atau artis yang diundang, mereka menyuguhkan apa yang menjadi keahliannya semata untuk menghibur hadirin. Berbeda dengan Jubing Kristianto, gitaris fingerstyle Indonesia ini biasa tampil di panggung dengan memberikan tips bermain gitar yang baik kepada hadirin. "Saat saya manggung, saya juga memberikan kesempatan kepada hadirin untuk bertanya seputar bermain gitar. Dengan cara ini, selain menghibur hadirin, saya juga bisa mengedukasi sekaligus berbagi pengalaman dengan audiens," ujar Jubing Kristianto di sela-sela pementasannya di Art Carnival CitraGrand City of Festival Semarang, Minggu (15/6).

Dalam kesempatan ini, Jubing memainkan gitar dengan berbagai lagu yang dibawakan, di antaranya lagu-lagu daerah khas Nusantara. Di penghujung performance, Jubing membawakan musik "Becak Fantasy" yang merupakan album solo gitar pertamanya produksi IMC Record. Sebelumnya, salah satu audiens asal Malang, Jawa Timur, yang juga menyabet juara pertama lomba menggitar Art Carnival, melontarkan pertanyaan kepada Jubing Kristianto seputar bagaimana caranya agar bisa memainkan gitar dengan mahir. Menanggapi hal ini, Jubing hanya menjawab dua hal.

Tips bermain gitar ala Jubing Kristianto

"Agar bisa bermain gitar, maka biasakan untuk berlatih setiap hari. Luangkan waktu beberapa menit untuk memainkan gitar setiap hari, misalnya saja 30 menit per hari atau lebih," ujar Jubing yang pernah menjadi jurnalis ini.

Selain rajin dan rutin membiasakan bermain gitar, langkah selanjutnya adalah banyak mendengarkan musik. "Selain berlatih setiap hari, jangan lupa untuk mendengarkan musik. Hal ini untuk mengasah kepekaan diri terhadap musik," imbuh Jubing. Dengan belajar setiap hari dan banyak mendengarkan musik, itu menjadi modal awal untuk menjadi gitaris andal.

Di akhir pertunjukan, Jubing Kristianto juga berkolaborasi dengan Komunitas Gitar Klasik Semarang. Keindahan suara petikan gitar dari Jubing Kristianto membuat hadirin terpukau. Tak ayal, gemuruh tepuk tangan membahana saat Jubing Kristianto memainkan gitarnya.

Jubing Kristianto sendiri adalah gitaris fingerstyle Indonesia yang sudah menjelajah segala reportoar. Dalam memainkan musik, Jubing menggunakan gitar klasik sebagai instrumen andalannya. Dalam riwayatnya, Jubing pernah berkolaborasi dengan penyair WS Rendra.

Teks dan foto: Lismanto

0 Response to "Tips Bermain Gitar Ala Jubing Kristianto"

Post a Comment