Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami

KUDUS, ISLAMCENDEKIA.COM – Berbuka puasa bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi momen spesial dan didambakan. Pasalnya, sejak imsak dan fajar, umat Islam menahan nafsu makan sampai waktu mangrib tiba. Namun, di saat berbuka puasa, rata-rata umat Islam melampiaskan kelaparan itu dengan makan dan minum dengan pola yang tidak teratur. Bahkan, banyak umat Islam tak kuat salat tarawih karena terlalu kenyang ketika buka puasa.

Untuk itu, sudah seharusnya umat Islam memanajemen pola berbuka puasa secara teratur, sehat dan sesuai tuntunan agama Islam. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sesuai prinsip cara berbuka puasa yang sehat dan islami.

Pertama, pilih makanan dan minuman yang sehat, segar, sejuk dan halal. “Hal itu sudah sesuai ajaran Alquran, kita disuruh Allah memakan dan meminum makanan dan minuman yang halal dan thayyib atau baik,” ujar Dewi Ayu Jamilah, peneliti kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus.

Kedua, menurut Dewi, berbuka puasa yang sehat dan islami adalah yang pas dengan ukuran perut. “Di Alquran kan sudah dijelaskan, makan dan minumlah tapi jangan berlebihan. Sebab, berlebihan itu adalah sifat setan,” tuturnya.

Dulu, lanjut Dewi, Nabi Muhammad sangat sederhana dan mencontohkan pada kita untuk makan seperlunya. “Bahkah, Rasulullah pernah bersabda yang intinya kita harus makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang,” tukasnya.

Dalam berbuka, bagi Dewi memakan 3 buah kurma itu sudah cukup. “Hal itu kan sudah dicontohkan Nabi Muhammad. Jika tidak ada kurma, kita bisa menggantinya dengan roti, buah dan sebagainya,” ujar Dia.

Ketiga, sebaiknya, saat berbuka itu harus mengutamakan makan dulu baru minum. Sesuai dengan petunjuk Alquran yaitu kulu wasyrabu, artinya makanlah dan minumlah. “Ini menjelaskan kepada kita bahwa sebenarnya berbuka puasa yang baik itu makan dulu baru minum. Tapi, rata-rata umat Islam minum dulu sebanyaknya baru makan. Ini pola makan yang salah dan tidak sehat,” tuturnya.

Keempat, prinsip dalam Islam yaitu mengakhirkan sahur dan mengutamakan berbuka puasa. “Jadi, salah satu prinsip berpuasa yang benar adalah menyegerakan diri untuk berbuka puasa. Jangan sampai menunda-nunda berbuka ketika waktu sudah tiba,” bebernya.

Kelima, pilihlah makanan dan minuman yang berbau manis yang tidak berlebihan. “Banyak orang memilih jajanan manis tapi tidak sehat untuk tubuh. Makanan yang terlalu manis sangat tidak baik dan harus dihindari, apalagi bagi penderita diabetes hal itu sangat berbahaya,” pungkas Dia.

Laporan Khusus Islamcendekia.com. Foto: Lampost.co

0 Response to "Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami"

Post a Comment