Gaza Diserang Israel, Ini Bukan Persoalan Islam

Israel Palestina Damai
Israel-Palestina diharapkan damai. Foto: israellycool.com
SEMARANG, ISLAMCENDEKIA.COM - Serangan udara yang diluncurkan Israel ke wilayah Gaza sedikitnya menewaskan 112 orang Palestina, Sabtu (12/7). Menurut data yang dihimpun Islamcendekia.com, sebanyak 112 warga sipil Palestina yang tewas tersebut ditemukan per Sabu (12/7). Evakuasi selanjutnya memungkinkan jumlah korban tewas lebih dari itu.

Menanggapi persoalan ini, Litbang media Islam Islamcendekia.com menggelar diskusi terbatas di kantor Islam Cendekia di Semarang, Sabtu (12/7). Diskusi ini menghadirkan Pemimpin redaksi Islamcendekia.com Hamidulloh Ibda dan sejumlah aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan mahasiswa. Hasil diskusi tersebut menyatakan bahwa serangan Israel terhadap Gaza yang memakan belasan korban warga sipil Palestina bukan persoalan agama Islam, tetapi persoalan kemanusiaan universal.

"Serangan Israel terhadap Gaza bukan persoalan Islam, tetapi persoalan pelanggaran kemanusiaan universal yang melewati batas aturan perang militer sebab menewaskan warga sipil yang jumlahnya cukup banyak," ujar Hamidulloh Ibda.

Dalam diskusi terbatas itu pula, Mafatikhul Habibi, aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Semarang mengatakan, tewasnya warga Palestina yang sebagian besar warga sipil merupakan tragedi pelanggaran kemanusiaan (HAM, red) yang terlewat batas. Oleh karena itu, Habibi mengecam tindakan Israel yang menyerang warga sipil Palestina tersebut.

"Saat ini, Israel adalah negara kuat yang didukung oleh Amerika Serikat. Bahkan, Arab Saudi bergeming saat Israel menyerang Palestina. Selain mengecam, kita hanya bisa berdoa dan mengulurkan bantuan. Semoga persoalan Israel-Palestina lekas selesai. Sebagai aktivis mahasiswa Islam, kami menyerukan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bisa membantu persoalan Israel-Palestina," pungkas Firdaus, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Syariah IAIN Walisongo.

Secara terpisah, Pemimpin Umum Islamcendekia.com Lismanto juga mengatakan bahwa tragedi serangan Israel ke Gaza baru-baru ini bukan sekadar persoalan umat Islam, tetapi juga umat manusia di seluruh dunia. "Siapa pun akan mengecam tindakan yang tidak manusiawi itu. Soal serangan Israel ke Gaza itu bukan masalah bagi umat Islam semata, tetapi masalah bagi kemanusiaan secara internasional yang harus mendapat simpati dari seluruh umat manusia. Kalau umat Islam lantas marah atas serangan Israel ke Gaza, saya pikir kemarahannya harus didasari atas rasa kemanusiaan universal bukan karena primordialisme agama. Kita mesti dewasa dalam menanggapi persoalan," tuturnya.

"Mari kita bersama berdoa untuk Israel agar tidak lagi menyerang Palestina, terutama warga sipil. Untuk warga Palestina, mari kita berdoa agar mereka diberi kekuatan lebih untuk menghadapi persoalan yang berpuluh-puluh tahun merenggut rasa keamanan rakyat Palestina. Saya berdoa agar Israel-Palestina bisa berdamai," ujar Lismanto. (Devi)

0 Response to "Gaza Diserang Israel, Ini Bukan Persoalan Islam"

Post a Comment