Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil


ISLAMCENDEKIA.COM – Seperti kita ketahui, puasa itu sangat bermanfaat dan memiliki hikmah besar bagi kesehatan, baik fisik maupun rohani. Bahkan, penelitian terbaru puasa menjadi terapi khusus bagi ibu hamil menjelang melahirkan bayi mereka.

“Bagi ibu hamil, selain melakukan senam hamil, mereka juga bisa melakukan puasa dengan teratur. Hal itu justru menjadikan bayi mereka sehat jika dimanajemen dengan baik dan teratur,” ujar Dewi Ayu Jamilah, peneliti kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus, Jawa Tengah.

Ketika awal puasa, lanjut Dia, mungkin kondisi kandungan akan kaget. “Tapi jika sudah terbiasa, dan berjalan 1 Minggu lebih, kondisi kandungan akan membaik dan memicu perkembangan bayi,” tuturnya.

Meskipun ibu hamil porsi makannya lumayan banyak, tapi puasa tak mengosumsi makanan dalam jumlah banyak. “Puasa Ramadan itu kan hanya 1 bulan. Dalam waktu 1 bulan ini, kondisi fisik memang agak lemas. Tapi secara rohani, kondisi jiwa ibu hamil akan stabil dan tenang. Nah, ketika tenang inilah, perkembangan bayi akan berjalan dengan baik. Karena prinsip orang hamil itu bukan seberapa banyak makanan yang dimakan, tapi seberapa tenang kondisi jiwa ibu hamil tersebut,” jelas Dia.

Maka, bagi Dewi, ketika bulan puasa tiba, ibu hamil tak usah khawatir menjalankan ibadah puasa. “Yang paling dianjurkan untuk tidak berpuasa itu ketika usia kehamilan di atas 8 bulan. Jika tidak kuat, secara media mereka diimbau untuk tidak puasa. Tapi jika kondisi fisik kuat, maka berpuasa di bulan Ramadan tak masalah,” paparnya.

Namun, lanjutnya, bagi ibu hamil usia 0-8 bulan, sangat baik untuk berpuasa. “Karena selain berkembangnya fisik, pada saat itu juga terbentuk jiwa, karakter dan puasa menjadi terapi medis bagi bayi di dalam kandungan,” tukasnya.

Reporter dan Editor: Kholif. Foto: Rumah Islami

0 Response to "Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil"

Post a Comment