Imam Salat Tarawih Harus Bijaksana


PATI, ISLAMCENDEKIA.COM – Imam merupakan orang terdepan, terpenting dan utama dalam salat, baik salat maktubah maupun salat tarawih dan witir. Namun, selama ini masih banyak imam salat yang egois, kaku dan tidak mau mengerti kondisi psikologis makmum.

Menanggapi hal itu, KH Ahmad Khoirun Nasihin Marzuqi (AKN Marzuqi) Pati menyatakan bahwa dalam salat berjamaah, terutama salat tarawih, imam harus bijaksana dan tak boleh egois. “Imam salat tarawih itu bacaannya tak boleh panjang, karena kalau panjang nanti dibenci makmum,” ujarnya tak lama ini.

Imam juga tak boleh terlalu lama dan lelet. “Ketika membaca takbir dan surat-surat juga harus lantang, tujuannya agar makmum tidak ada yang ngantuk, apalagi tradisi di desa-desa salat tarawihnya 20 rakaat,” katanya.

KH AKN Marzuqi yang juga pengasuh Ponpes AKN Marzuqi Pati itu menerangkan imam itu harus cekatan, memahami makmum, bacaannya tartil dan dituntut cepat. “Tartil dan cepat itu sulit, jadi tidak sembarang orang bisa menjadi imam salat,” terang Dia saat memberi ceramah di Masjid AKN Marzuqi.

Tak kalah penting, menurut kiai kharismatik itu, seorang imam salat bau mulutnya juga harus wangi dan bersih. “Imam itu harus wangi badannya, dan paling penting adalah mulutnya. Jadi mulut itu kan digunakan untuk berbicara dan membaca ayat suci Alquran, maka harus wangi dan bersih,” paparnya.

Reporter dan Editor: Hamidulloh Ibda. Foto: Merdeka

0 Response to "Imam Salat Tarawih Harus Bijaksana"

Post a Comment