Inilah Alasan Manfaat Puasa bagi Kesehatan


PATI, ISLAMCENDEKIA.COM – Secara internal Islam, sudah banyak kajian yang mendukung rumus puasa mampu menyehatkan, baik jiwa maupun fisik. Pasalnya selama ini masih banyak umat Islam yang meragukan dan tidak percaya bahwa puasa itu menyehatkan jiwa dan raga. Maka dari itu, sebagai umat Islam kita harus rajin mengkaji hal itu. Inilah alasan manfaat puasa bagi kesehatan yang sudah dihimpun Islamcendeki.com.

“Mengapa puasa dapat menyehatkan manusia? Secara jasmani, kita akan teratur dalam makan. Waktunya tepat dan sudah ditentukan sesuai rumus puasa,” tutur Kiai Muslim Assalmy Alhafiz saat saat menyampaikan khutbah Jumat 11 Juli 2014 di Masjid Darul Islam Dukuhseti, Pati.

Menurutnya, selain mengatur waktu makan, puasa juga menjaga perut. “Puasa itu menjadikan kita merefleksikan bahwa perut adalah sumber penyakit. Maksudnya, segala bentuk macam makanan masuk perut, jika tidak dijaga, maka makanan itulah menjadi sumber penyakit. Hal itu sudah dicontohkan Nabi Muhammad Saw dengan mengajarkan pada kita untuk makan yang sederhana,” paparnya.

Selain itu, prinsip makan yang dijalankan Nabi Muhammad Saw dengan makan 3 buah kurma juga menjadi simbol bagi orang berpuasa jangan sampai berlebihan dan meningkat nafsu konsumtifnya ketika berpuasa. “Banyak orang berpuasa, namun mereka justru berlebihan, bermewah-mewahan ketika berpuasa. Ini yang salah dalam Islam. Karena seharusnya, puasa yang benar-benar menyehatkan adalah ketika mampu mengontrol perut dari makanan yang berlebihan,” jelasnya.

Jadi, lanjut Dia, puasa bisa menyehatkan ketika umat Islam mampu mengatur, mengontrol, menjaga perut dari pola makan yang berlebihan dan mampu menjaga perut dari berbagai macam makanan. “Lebih baik juga ketika puasa itu dijadikan umat Islam untuk menjalankan hidup sederhana dan mengosongkan perut. Karena banyak dalil menjelaskan, terlalu banyak makan yang tidak berkualitas akan memicu bodohnya akal,” ujarnya.

Reporter dan Editor: Hamidulloh Ibda. Foto: Islamcendekia.com.

0 Response to "Inilah Alasan Manfaat Puasa bagi Kesehatan"

Post a Comment