Israel Serang Gaza, 112 Warga Palestina Tewas

Serangan udara Israel ke Gaza. Foto: wjla.com
ISLAMCENDEKIA.COM - Di pertengahan bulan ramadhan, Israel kembali menyerang Gaza. Per sabtu pagi (12/7), sebanyak 112 warga Palestina tewas. Dari 112 orang yang tewas tersebut, sebagian besar didominasi warga sipil, di antaranya perempuan dan anak-anak.

Atas serangan udara Israel ke Gaza yang membabi buta ini, rakyat internasional mengecam tindakan Israel yang secara membabi buta membombardir wilayah Gaza. Beberapa di antaranya masyarakat Perancis menggelar aksi unjuk rasa memprotes serangan udara Israel yang menewaskan banyak korban dari warga sipil Palestina.

Ashraf al Qudra sebagai juru Bicara Kementrian Kesehatan Palestina mengatakan, sedikitnya empat warga tewas saat Israel membombardir Jebaliya yang terletak di kawasan utara Jalur Gaza. Sementara itu, dua orang tewas saat diserang di kawasan selatan Deir el Balah. Yang lebih mengenaskan, dalam waktu yang cukup singkat seorang remaja berusia 17 tahun tewas dalam operasi serangan Israel di Gaza City.

Juru Bicara Gedung Putih, Amerika Serikat membenarkan tindakan Israel yang menyerang Palestina. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk balasan terhadap anggota Hamas yang telah beberapa kali meluncurkan roket ke wilayah Israel. Atas pandangan ini, pemerintahan Obama membenarkan serangan Israel terhadap gaza. Yang disayangkan, tidak ada kata "maaf" dari serangan udara Israel yang justru menewaskan banyak warga sipil Palestina yang seharusnya bukan menjadi target operasi militer.

Serangan udara Israel dipimpin dalam sebuah operasi "Operation Protective Edge" yang merupakan operasi militer Israel paling mematikan yang ditujukan ke wilayah Gaza sejak November 2012. Untuk membalas serangan Israel tersebut, pejuang Palestina membalas dengan 520 mortir dan roket ke daerah Israel. Namun, serangan pejuang Palestina ini 140 mortir dan rudal di antaranya bisa diantisipasi oleh sistem anti rudal Israel yang diberi nama "Iron Dome". Hal ini sebagaimana dinyatakan militer Israel, Jumat (11/7). Sementara itu, sampai saat ini tidak ada warga Israel satu pun yang tewas. (lsm)

0 Response to "Israel Serang Gaza, 112 Warga Palestina Tewas"

Post a Comment