Ramadan, Ramadhan, Ramadlan, Romadon atau Romadlon?


ISLAMCENDEKIA.COM - Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus beriman pada bahasa Indonesia yang baik dan benar. Paling penting lagi, kita harus beriman dan bertakwa pada EYD sesuai yang ditentukan pemerintah lewat pusat bahasa.

Selama ini, penulisan bulan suci Ramadan masih salah kaprah. Lalu, mana yang benar? Apakah Ramadan, Ramadhan, Ramadlan, Romadon atau Romadlon? Jika kita melihat tulisan di baliho, internet, facebook dan buku di sekolah atau kampus pasti masih ada yang salah kaprah. Ini membuat orang bingung, mana yang benar?

Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia, penulisan yang benar adalah “Ramadan”. Hal ini harus dipahami semua kalangan, terutama bagi jurnalis, penulis, akademisi, guru, dosen dan wartawan.

Seperti kita ketahui, Ramadan ini adalah berasal dari bahasa Arab yang diambil dari salah satu bulan Hijriyah. Penulisan yang benar sesuai KBBI adalah Ramadan. Jadi, setelah membaca artikel ini Anda harus merubah pola pikir dan meluruskan kesalahan yang terjadi bertahun-tahun.

Laporan Khas Redaksi Islamcendekia.com

0 Response to "Ramadan, Ramadhan, Ramadlan, Romadon atau Romadlon?"

Post a Comment