Solusi Kemacetan Mudik 2014

ISLAMCENDEKIA.COM - Tahun 2012, Polri mencatat sudah 170 orang meninggal dunia sejak H-7 Lebaran 2012. Jumlah itu mayoritas terjadi di jalan akibat jalan raya rusak dan kemacetan. Jumlah itu naik dibandingkan tahun lalu. Pengetatan aturan lalu lintas harus diterapkan agar tak bertambah jumlah pemudik tewas. Belum lagi jika nanti arus balik, pasti korban semakin bertambah.
 

Kecelakaan di jalan raya sangat dipengaruhi kondisi fisik jalan raya. Banyak kecelakaan terjadi karena faktor di atas. Seperti dilansir Dirlantas Polda Metro Jaya, kecelakaan terjadi di Jalan bergelombang pada tahun 2010 mengakibatkan 50 kali kecelakaan dan  pada tahun 2011 terjadi 9 kali. Terhitung paling banyak angka kecelakaan di Jakarta Barat dan di Bekasi Kota.

Untuk kecelakaan tikungan tajam di Jakarta, pada tahun 2010 hanya 2 kali sedangkan tahun 2011 naik menjadi 4 kali dan semuanya terjadi di Jakarta Barat. Sementara itu kecelakaan dikarenakan jalan rusak, pada tahun 2010  terdapat 16 kali kecelakaan dan pada tahun 2011 ada 1 kali kecelakaan. Sedangkan kecelakaan jalan berlubang, pada tahun 2010 ada 53 kejadian dan tahun 2011 hanya 35 kali. Kecelakaan itu terdapat di beberapa wilayah DKI Jakarta seperti Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tanggerang Kabupaten, dan Bekasi Kabupaten.

Solusi
Menurut penulis, angkutan gratis belum signifikan mengurangi kemacetan dan kecelakaan. Pemerintah perlu melakukan dua solusi, yaitu solusi jangka panjang dan pendek. Untuk jangka panjang, pemerintah harus melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jauh-jauh hari, dari pembangunan jalan raya, jembatan, terminal, dan sebagainya.

Untuk solusi jangan pendek, pemerintah harus melakukan pengawalan ketat terhadap fenomena mudik dari awal hingga arus balik. Pengawalan itu harus dilakukan dari berbagai bidang, dari lalu lintas, kesehatan, dan sebagainya. Selain pengawasan di jalan raya/jalur darat, pemerintah juga harus memaksimalkan pengawasannya di jalur laut dan udara, karena di sana juga rawan kejahatan dan kecelakaan.

Pada intinya, pemerintah harus bekerja maksimal, bukan hanya sekadar menghimbau dan menghimpun problem tanpa menawarkan solusi cerdas mengurangi kemacetan dan kecelakaan pemudik. Berbagai pihak juga harus bersinergi dengan pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Dengan demikian, mudah-mudahan pemudik selamat dan tak ada kemacetan terjadi.

Tahun 2014 ini, pemerintah harus serius mengawal mudik. Kalau bukan mereka, siapa lagi?  

Laporan Khusus Mudik Islamcendekia.com. Editor: Achmad Hasyim.

0 Response to "Solusi Kemacetan Mudik 2014"

Post a Comment