Pengertian Ibadah Menurut Ulama Akhlak

Berbeda dengan ulama bahasa, tauhid, tafsir dan hadis, ulama akhlak memiliki pandangan yang berbeda kaitannya dengan pengertian ibadah. Menurut ulama akhlak, ibadah didefinisikan sebagai mengerjakan segala sesuatu yang taat pada badaniyah dan mengerjakan semua syariat yang ditegakkan Islam.

Dalam hal ini, ibadah adalah segala sesuatu yang dilakukan manusia, termasuk budi pekerti atau akhlak, serta tugas dan kewajiban kehidupan manusia, baik tugas dan kewajiban untuk diri sendiri maupun untuk keluarga dan segenap masyarakat.

Pengertian ibadah menurut ulama akhlak didasarkan pada hadits Nabi yang diriwayatkan As Sayuthi yang setidaknya bermakna berikut ini: "Mencintai ayah dan ibu adalah ibadah." Hadis serupa yang juga diriwayatkan As Sayuti juga menyebutkan: "Ibadah merupakan 10 suku. 9 suku dari 10 suku tersebut berupa mencari harta yang halal."

Dari berbagai definisi, takrif, dan pandangan ibadah tersebut, bisa disimpulkan bahwa ulama akhlak memandang ibadah secara lebih luas yang menyangkut kehidupan manusia kepada sesama manusia sebagai sarana menuju ketaatan diri pada Allah Swt.

0 Response to "Pengertian Ibadah Menurut Ulama Akhlak"

Post a Comment