Apa Itu ISIS?

Apa Itu ISIS

Apa itu ISIS? ISIS adalah organisasi yang sebagian besar anggotanya menyerupai "pasukan panji hitam" yang gencar memunculkan wacana perang terhadap Amerika dan Barat. Semangat yang digelorakan ISIS adalah jihad fisabilillah untuk menyatakan perang terhadap orang-orang kafir. Sementara itu, orang-orang kafir yang dimaksud ISIS ditujukan pada sebagian besar warga Amerika dan sekutu Barat.

Apa itu ISIS? ISIS adalah singkatan dari Islamic State of Iraq and Syria atau dalam bahasa Indonesia, ISIS adalah Negara Islam Irak dan Suriah. Melalui sebuah video yang diunggah di Youtube, organisasi ISIS sudah menyebar di Indonesia dan memiliki seorang Presiden ISIS Indonesia yang mengajak masyarakat untuk ikut jihad dan berperang di jalan ISIS yang mereka klaim sebagai jalan Allah.

Mengenai eksistensi ISIS sendiri yang begitu cepat menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, masih menuai pro-kontra dan dugaan-spekulasi yang simpang siur. Ada yang mengatakan, ISIS adalah buatan Amerika. Betul atau tidak, wacana ISIS buatan Amerika perlu dikaji secara komprehensif dengan penelitian yang mendalam agar tidak salah dalam menyikapi hadirnya ISIS di sejumlah negara di dunia, terutama Timur Tengah dan beberapa di antaranya Asia.

Dari kabar yang beredar dari berbagai media internasional, ISIS banyak melakukan tindakan brutal atas nama agama dan Tuhan, serta melakukan tindakan kejahatan kemanusiaan dengan dalil legitimasi dari doktrin ajaran Islam. Salah satunya, pemerkosaan dan perbudakan terhadap warga Kurdi dan sejumlah wilayah yang diduga bekerja sama dengan Amerika dan Barat.

Terakhir, ISIS juga banyak memenggal kepala para jurnalis atau wartawan Amerika Serikat yang tertangkap dan memenggal orang-orang Kurdi yang menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat. Sejumlah media internasional merilis bahwa ISIS mengunggah video pemenggalan prajurit Kurdi kepada publik.

Sepertinya, apa yang dilakukan ISIS telah melanggar kedaulatan dan kemanusiaan. Dalam Islam sekalipun, tidak ada alasan kontekstual untuk membunuh seseorang. Memang, sejumlah hadis membolehkan Muslim untuk membunuh orang kafir. Tapi, perintah hadis tidak bisa dimaknai secara tekstual, tetapi harus dimaknai secara kontekstual dengan melihat situasi dan kondisi. Demikian ilmu Islam yang diajarkan dalam ushul fiqih.

Apakah ISIS adalah bentukan Amerika (konspirasi) atau tidak, yang jelas tindakan yang dilakukan ISIS selama ini melanggar hak paling mendasar yang dimiliki manusia. Bahkan, tindakan ISIS selama ini dengan kekerasannya sangat jauh dari nilai-nilai Islam sebagai rahmat seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Penulis : Prabu Jayanegara/Islamcendekia.com

0 Response to "Apa Itu ISIS?"

Post a Comment