Arti dan Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Arti dan makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir mengandung banyak penafsiran secara harfiah atau bahasa. Namun, secara substansi sebagian besar ulama dan teks-teks Islam memberikan arti dan makna yang sama.

Kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" adalah salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. Meskipun terkesan sangat pendek, tetapi ayat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" memiliki arti dan makna yang dalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah sebagai Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Arti dan Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Oleh karena itu, mari kita coba artikan ayat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" dengan makna yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, kita menjadi tahu arti, makna, hikmah, keutamaan, dan kelebihan ayat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus meminta perlindungan kepada-Nya.

Arti hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir
Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maulana waanikman nashir artinya adalah:

"Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami."

Ada juga yang mengartikan secara singkat dan pendek sebagai berikut:

"Cukuplah Allah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kami."

Beberapa buku juga menerjemahkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir artinya adalah:

"Cukuplah Allah sebagai wakil, sebaik-baiknya penolong, serta sebaik-baiknya pelindung kami."

Makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir
Kalimat dzikir ini memiliki makna yang mendalam. Pertama, ayat ini merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Allah. Bentuk dan rasa tawakal kita kepada Allah dengan sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah.

Dengan kalimat ini, kita menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada Allah, menyerahkan segala urusan, beban, dan masalah kita kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Tawakal dan ikhlas menyerahkan sepenuhnya urusan kita kepada Allah adalah salah satu makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Kedua, ketika kita dihimpit berbagai problematika kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, dirundung duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup, maka kita hendaknya mengucapkan ayat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Jika kita terancam dalam suatu hal, maka serahkan saja kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kita. Doa hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir yang merupakan wujud ketergantungan (dependen) kita kepada Allah SWt, manifestasi permohonan tolong kita kepada Allah, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

Ketiga, makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir secara implisit (tersirat) menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut kita untuk menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, dan memohon perlindungan. Kita dilarang untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita meminta pertolongan.

Doa hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir diterangkan dalam Al Quran maupun hadis. Berikut adalah tulisan Arab hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

Baca selanjutnya: Arti, Hakikat dan Makna Surat Al Fatihah

9 Responses to "Arti dan Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir"

  1. ga ada yg posting kata dasarnya ya
    susah banget nyarinya

    hasaba na Allah wa na'am Al-waqil

    ReplyDelete
  2. Trm kasih , atas berbagai ilmunya, smg mnjd brkh by semua, amin.

    ReplyDelete
  3. Makasih buat ulasannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, aamiin..

    ReplyDelete
  4. Trimakasih atas penjelasannya dan mari kita mulai mengamalkan

    ReplyDelete
  5. Trimakasih penjelasannya dan mari kita mulai mengamalkan

    ReplyDelete
  6. Penjelasannya lengkap, makasih ^^

    ReplyDelete
  7. Terimakasih penjelasannya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, penjelasannya sangat jelas dan bermanfaat

    ReplyDelete