Keajaiban Shalat Tahajud untuk Kesehatan

Keajaiban manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan
Oleh Fahlien Seefa

Keajaiban shalat tahajud untuk kesehatan belakangan ini menjadi bahan penelitian para ilmuwan di mana shalat tahajud yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad 14 abad tahun lalu ini ternyata menyimpan segudang manfaat, baik untuk kesehatan, spiritual, maupun manfaat shalat tahajud lainnya seperti permohonan perlindungan dan doa agar keinginannnya dikabulkan. Yang luar biasa, shalat tahajud dianjurkan dan diperintahkan Nabi Muhammad pada zaman 14 abad yang lalu di mana belum ada teknologi dan ilmu pengetahuan masih sangat minim dan belum mapan.

Di era serba teknologi ini, ternyata shalat tahajud memberikan kebaikan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Karena itu, manfaat shalat tahajud untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, ajaran Nabi Muhammad 14 abad yang lalu ini sekarang sudah dibuktikan manfaatnya untuk kesehatan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern tanpa adanya campur tangan dalil-dalil teologis agama (red: Islam). Menakjubkan, bukan?

Sholat tahajud adalah salat tengah malam yang sangat mulia. Banyak sekali manfaat dan keajaiban saat kita menjalankan salat tahajjud. Keajaiban salat tahajjud sudah tidak diragukan lagi bagi kalian yang rutin menjalankan salat tahajjud. Karena itu, sholat tahajud sangat dianjurkan untuk mendapatkan semua keinginan, baik kesehatan, spiritual, sampai keinginan material seperti rezeki.

Keajaiban manfaat shalat tahajjud untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit kanker. Tahajjud juga mampu menumbuhkan respon ketahanan tubuh (imunologi), khususnya pada imuglobin MGA dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, sholat tahajud juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Selama ini, ulama melihat ikhlas dalam sholat tahajud hanya sebagai mental psikis, namun sebetulnya hal ini dapat dibuktikan dengan disiplin kedokteran seiringnya canggihnya teknologi kesehatan. Ikhlas yang selama ini di pandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari antara 38-690 nmol/liter.

Sementara itu, pada malam hari meningkat menjadi 69-345 nmol/liter. Salat tahajjud secara rutin dan disertai perasaan ikhlas secara tidak terpaksa, maka seseorang akan memiliki respon imun yang baik sehingga kemungkinan besar terhindar dari penyakit kanker dan infeksi.

Salat tahajjud dilakukan pada malam hari dan sebelum salat tahajjud kita diharuskan untuk tidur lebih dahulu, kenapa demikian? Itulah kekuaaaan allah SWT yang telah diteliti oleh para ilmuwan dan pakar kesehatan, baik ilmuwan dalam negeri maupun luar negeri. Menurut teori pikiran, manusia pada saat bangun tidur di malam hari gelombang otak atau gelombang pikiran masuk pada gelombang alpha dan theta.

Dari penelitian ini, manfaat shalat tahajud untuk kesehatan bisa dibuktikan secara empiris menggunakan eksperimen ilmu pengetahuan, bukan lagi sekadar pembuktian secara naqli (dalil Al Quran dan hadis). Kalau dulu, manfaat shalat tahajud sebatas dimaknai secara spiritual untuk mendekatkan diri dan memohon kepada Tuhan, sekarang manfaat shalat merambah ke bidang kesehatan. Subhanallah.

Dalam kitab shahih yang diriwayatkan Imam al-Bukhari, Rasulullah Muhammad Saw pernah menganjurkan shalat tahajjud kepada Fatimah dan Ali bin Abi Thalib bahkan secara sengaja Nabi Muhammad datang kerumahnya, tetapi hal itu tidak disertai ajakan berjamaah bersama beliau.

Jika berjamaah tahajjud itu lebih baik daripada minfarid-nya sebagaimana salat sunah lainya. Jika kita perluas sedikit tentang betapa akan mudahnya Rasulullah Muhammad Saw untuk mengadakan sholat tahajjud dengan berjamaah, bahkan dengan jumlah jamaah yang amat banyak. Terkait dengan berapa jumlah rakaat sholat tahajud, salat tahajjud dikerjakan manimal 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas.

"Jika matahari telah terbenam aku gembira karena malam telah tiba. Di saat malam tiba, sebagian besar manusia tidur, terutama pada pertengahan malam. Inilah saatnya saya menghadap Allah melalui shalat tahajud. Pada kesempatan inilah saya berdoa, memohon, dan mencurahkan segala masalah, duka derita, sampai kebahagiaan dan impian-impianku." Begitu kalimat yang harus saya tulis karena manfaat shalat tahajud sungguh menakjubkan.

Setelah membaca artikel keajaiban manfaat shalat tahajud untuk kesehatan tersebut, masihkah kita bergeming dan ragu bangun malam untuk shalat tahajud? Dengan tulisan ini, saya ingin mengajak kepada pembaca untuk membiasakan shalat tahajud karena manfaat shalat tahajud untuk kesehatan sangat banyak. Mari, shalat tahajud!

Fahlien Seefa,
Siswi SMA Nahdlatul Ulama (SMA NU) Al Munawwir, Gringsing, Batang

2 Responses to "Keajaiban Shalat Tahajud untuk Kesehatan"

  1. Terimah kasih informasinya seputar sholat tahajjud. memang terasa sulit untuk bangun di malam hari, namun jika terbiasa akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  2. Shalat yang paling afdol setelah 5 waktu, thanks

    ReplyDelete