Cara Mudah Menulis Esai

Cara Mudah Menulis Esai
Pada Kamis, 2 Oktober 2014 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Warung Komunikasi Penulis dan Diskusi Karya Ilmiah (Warkop DKI) PGSD Unnes menggelar diskusi yang mengkaji penulisan esai di kampus PGSD Unnes dengan tema Cara Mudah Menulis Esai. Menurut Dian, prinsip menulis esai itu sangat mudah. "Tulis lah yang kamu baca dan baca lah yang kamu tulis," tuturnya di hadapan puluhan peserta diskusi.

Secara teoretis, guru kelahiran Blora itu menjelaskan esai adalah karangan atau tulisan yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. "Esai memiliki beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-ciri esai adalah berbentuk prosa, tidak utuh dan mengambil sudut yang menarik, sesuai gaya penulis, singkat, bersifat pribadi/personal dan terdiri dari pendahuluan, tubuh serta simpulan," paparnya menjelaskan ciri-ciri esai secara singkat.

Menurut Dian, menulis esai itu sangat mudah jika Anda rajin membaca dan mencari sudut pandang yang cocok untuk dituliskan. "Mau esai berbentuk pribadi, kritik, deskriptif, tajuk atau pun reflektif, prinsipnya harus beda dengan daya esai orang lain. Esai yang kita tulis harus memiliki karakter unik dan beda dengan yang lain," ujarnya.

Secara teknis, cara mudah menulis esai menurut Dian hanya melalui beberapa mekanisme. Lulusan terbaik PGSD Unnes itu menjelaskan langkah-langkah menulis esai mulai dari menuliskan judul, menentukan subjudul (outline) bagian penting yang akan dibahas, menulis pendahuluan, paragraf pertama harus sudah mencakup isi (konten) judul, mengembangkan tubuh esai, membuat simpulan dan memberikan kalimat penutup yang menarik. "Mudahkah? Semua bergantung pada kejelian dan ketajaman dari topik yang diusung," jelas Dian.
Reporter dan Editor: Hamidulloh Ibda. Foto: DMW.

0 Response to "Cara Mudah Menulis Esai"

Post a Comment