Perpustakaan PATABA Blora Butuh Perhatian

Perpustakaan PATABA Blora Butuh Perhatian
Wawancara dengan Susilo Toer
BLORA, Islamcendekia.com – Jika kita melihat perpustakaan saat ini rata-rata sudah modern, memiliki fasilitas wifi, memiliki ribuan koleksi buku dan semua perlengkapan juga modern.

Namun tidak bagi perpustakaan PATABA Blora. Saat kunjungan ke sana, redaksi Islamcendekia.com menyimpulkan bahwa Perpustakaan PATABA Blora butuh perhatian.

Mengapa demikian? Melihat kondisi atap, rak buku, koleksi buku, perpustakaan yang digagas Susilo Toer adik Pramoedya Ananta Toer memang membutuhkan perhatian. “Terakhir saya menerima laptop dari Bupati Blora, namun saya minta izin untuk tak jual biar jadi uang untuk perawatan,” tutur Pak Sus.

Meskipun terlihat sederhana, namun hanya spirit idelisme dan menjaga budaya intelektual masih melekat di wajah Pak Sus. “Saya ini sudah tua, namun warisan Pram akan tetap saya jaga,” jelasnya pada Minggu (26/10/2014) saat ditemui di kediamannya Jl Sumbawa 40 Jetis Blora.

Menurut Pak Sus, sebenarnya perpustakaan PATABA ini memiliki keunikan, termasuk koleksi dan filosofi perjuangan pendiriannya. “Pram bagiku itu tokoh, tapi orang Blora sendiri tidak tahu kisah, perjuangan dan jasa Pram baik bagi negara maupun sastra,” paparnya.

Perpustakaan PATABA Blora merupakan salah satu replika kehidupan sastra dan buku di tengah kehidupan modern. Oleh karena itu, Pak Sus berharap kepeduliaan itu tidak hanya dalam bentuk materi, namun juga ketertarikan pemuda untuk menulis. (IC/Hamidulloh Ibda)

Pendapat Susilo Toer tentang bagaimana sastra itu harus menjiwai sejarah, silakan baca Sastra Harus Menjiwai Sejarah

0 Response to "Perpustakaan PATABA Blora Butuh Perhatian"

Post a Comment