Sekilas tentang Syiah, Pemikiran Syiah dan Tokoh Kontemporer Syiah

Sekilas tentang Syiah, Pemikiran Syiah dan Tokoh Kontemporer Syiah
Sekilas tentang Syiah pada awalnya merupakan suatu istilah yang berarti pengikut atau penolong. Akan tetapi pada perkembangannya, kata Syiah telah menjadi nama suatu kelompok yang mempunyai arti para orang-orang pecinta Ali dan menyatakan bahwa sahabat Ali merupakan sahabat yang paling berhak untuk menyandang gelar khalifah.

Para perkembangannya, Syiah menjadi nama suatu kelompok berawal dari peristiwa yang terjadi antara pihak Muawiyah dan Husain, putra dari Ali bin Abi Thalib. Husain tidak setuju tentang sistem pemerintahan Dinasti Umayah yang monarkhi. Kemudian terjadilah peperangan antara pihak Umayah dan Husain. Peperangan ini dikenal dengan tragedi Karbala. Di sini, Husain kalah dan akhirnya jasadnya diperlakukan tidak layak oleh pihak Umayah.

Setelah kejadian ini, para pengikut Syiah semakin bertambah kecintaannya kepada Ahlu Bait. Kecintaan para pengikut Syiah telah berubah menjadi ekstrim. Hal ini dapat dilihat dari penafsiran-penafsiran mereka terhadap Al-Quran menyangkut Ahlu Bait. penafsiran-penafsiran mereka telah berlebihan dan melewati batas. Sehingga hal inilah yang menjadikan mereka dikecam oleh mayoritas umat Islam, yakni kaum Sunni.

Pemikiran orang-orang Syiah berkaitan tentang akal, wahyu, dan ijtihad. Orang Syiah lebih mengedepankan rasio. Berkaitan dengan Al-Quran, orang Syiah berangapan bahwa bahwa Al-Quran yang ada sekarang tidak orisinil. Kemudian perkataan para imam-imam mereka dianggap sebagai suatu Sunnah yang bisa dijadikan sebagai hujjah. Jelas sekali hal ini bertentangan dengan apa yang diyakini oleh orang Sunni.

Syekh Muhammad Jawad Maghniyah merupakan salah satu dari sekian tokoh Syiah kontemporer, yang mana pemikiran beliau moderat bila dibandingkan dengan Syiah sebelumnya. Beliau telah menulis sebuah tafsir yang diberi nama tafsir Al-Kasyif. Metode-metode yang digunakan oleh beliau dalam menafsirkan Al-Quran berbeda dengan mufassir-mufassir pada umumnya. Kemudian corak penafsiran beliau mempunyai bentuk yang baru dibandingkan dengan mufassir sebelumnya.

Demikian sekilas tentang Syiah, pemikiran Syiah dan tokoh kontemporer Syiah secara singkat. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pemikiran dan sekilas sejarah Syiah secara singkat agar mudah dipahami, tanpa harus berbelit-belit dengan sejarah panjang. Sebab, mengulas masalah syiah, konsep syiah, teologi syiah, pemikiran syiah dan tokoh-tokoh kontemporer syiah, kita akan menjumpai kisah panjang dengan tumpukan buku yang harus kita baca. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Sekilas tentang Syiah, Pemikiran Syiah dan Tokoh Kontemporer Syiah"

Post a Comment