Tips, Trik dan Cara Menghemat Listrik PT PLN

Tips, trik dan cara menghemat Listrik PLN ini diinfokan oleh PT PLN wilayah Distribusi Jawa Tengah-DI Yogyakarta untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas bagaimana cara mudah menghemat listrik. Melalui info ini, PT PLN mengajak masyarakat untuk membudayakan kebiasaan hemat listrik sebagai kebutuhan bersama.

Tips, Trik dan Cara Menghemat Listrik PT PLN
Di Jerman, kebiasaan menghemat listrik sudah membudaya dan menjadi kesadaran umum. Tak ayal, budaya saling mengingatkan sesama tetangga untuk menghemat listrik sudah mengakar kuat di sana. Kalau kita berada di Jerman dan lupa mematikan lampu di malam hari, bersiaplah didatangi tetangga yang akan mengingatkan kita untuk mematikan lampu. Kebiasaan hemat listrik yang perlu diteladani, bukan? (Lismanto dalam Kompas Klasika Jateng-DIY, 27/9/2014).

Di Indonesia sendiri, budaya hemat listrik masih sangat minim. Coba bayangkan jika Anda mengingatkan tetangga untuk mematikan listrik di malam hari sampai membangunkannya? Sudah bisa dibayangkan: makian yang akan kita dapatkan! Itulah bedanya kesadaran antara orang-orang negara-negara maju dengan orang-orang negara berkembang. Karena itu, perlu adanya artikel tips, trik dan cara menghemat listrik.

Baik, inilah tips, trik dan cara menghemat listrik PLN. Tips hemat listrik ini merupakan tips dan trik menghemat listrik dari PT PLN. Jadi, artikel ini bisa dikatakan akurat karena bersumber dari PT PLN langsung.

Pertama, gugah kesadaran hemat listrik saat 17-22. Apa itu? Pada jam 17.00-22.00 WIB, keluarga biasa berkumpul dalam harmoni kehangatan. Dari sini, kesadaran untuk memberikan edukasi kepada anak dan keluarga akan pentingnya menghemat listrik menjadi efektif dilakukan. Bisa disimpulkan, tips, trik dan cara menghemat listrik PLN yang pertama adalah soal kesadaran budaya hemat listrik.

Kedua, mulai beralihlah dari lampu pijar ke lampu hemat energi (LHE). Jika Anda menggunakan lampu hemat energi, Anda bisa menghemat energi listrik hingga 8 kali lipat. Selain itu, sumber cahaya yang dihasilkan justru lebih cerah. Tips, trik dan cara menghemat listrik PLN yang kedua ini harus dipahami bersama agar warga yang masih menggunakan lampu pijar hendaknya beralih ke penggunaan lampu hemat energi. Di Australia, lampu pijar sudah dilarang untuk dipakai.

Ketiga, gunakan perangkat elektronik seperlunya. Jika Anda ingin menonton TV sekadar untuk menemani tidur, sebaiknya matikan saja. Karena hal ini akan memakan banyak energi listrik. Selain TV, pergunakanlah secara bijak perangkat elektronik yang Anda punya, seperti laptop, HP, dan lain-lain.

Keempat, gunakan perangkat elektronik dalam satu waktu sekaligus. Misalnya, Anda punya kebiasaan menyeterika setiap hari. Ubah kebiasaan ini menjadi menyeterika 1 minggu sekali dengan jumlah baju banyak dalam satu seterika sekaligus.

Hal ini berlaku untuk penggunaan pompa air. Sebaiknya, gunakan tandon untuk menampung air dalam sekali pompa. Kalau kita sering menggunakan pompa air, itu artinya kita boros energi listrik. Kenapa demikian? Sebab untuk mengangkat pompa air dan seterika pertama kali membutuhkan energi yang besar sehingga disarankan untuk menggunakan setrika dan pompa air dalam sekali waktu sekaligus daripada penggunaan sering.

Masih kurang paham tips, trik dan cara menghemat listrik ini? Sebagai ilustrasi, menyeterikalah baju dalam jumlah banyak tetapi penggunaannya cukup sekali (jarang). Demikian halnya pompa air, gunakan sekali saja daripada menyalakan pompa air sering dalam sehari. Hal ini disebabkan mengangkat energi setrika dan pompa air pertama kali membutuhkan tenaga atau energi listrik yang besar.

Demikian tips, trik dan cara menghemat listrik yang disosialisasikan oleh PT PLN. Semoga artikel tips, trik dan cara menghemat listrik ini bermanfaat bagi pembaca dan mari kita budayakan hemat listrik sekarang juga!

2 Responses to "Tips, Trik dan Cara Menghemat Listrik PT PLN"

  1. Makasih infonya tentang Tips menghemat listrik PLN. Kayaknya cara menghemat listrik PLN ini perlu ditiru, biar pengeluaran bulanan listrik saya hemat. Once more, thanks informasinya trik menghemat listrik PLN

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, kami berharap juga begitu. Semoga artikel tips dan trik cara menghemat listrik bermanfaat bagi kita semua. Pada akhirnya, tips trik cara menghemat listrik PLN bisa menghemat anggaran bulanan kita sekaligus sebagai bekal untuk anak cucu kita di masa depan. Sebab, bisa jadi energi kita akan habis. Sekali lagi, semoga artikel cara menghemat listrik PLN ini bermanfaat. Amin

    ReplyDelete