Wanita Cerewet Sangat Positif Bagi Perkembangan Bahasa Anak

SEMARANG, Islamcendekia.com - Wanita cerewet sangat positif bagi perkembangan bahasa anak. Apa alasannya? Dr Ida Zulaeha, MHum, dosen bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang mengatakan perempuan cerewet sangat baik jika dikelola dengan benar.

“Perempuan cerewet yang sudah memiliki anak harus mengajarkan anak tentang bahasa yang baik,” ujarnya. Di sinilah, alasan mengapa cerewet bagi wanita sangat positif bagi perkembangan bahasa anak.

Bagi perempuan yang memiliki anak namun diasuh pembantu, mereka harus dikawal. Jika perlu, pembantu itu harus diberi tahu bagaimana cara mendidik anak agar perkembangan bahasanya benar. “Jangan ajarkan bahasa ndeso, seperti jiglok, bahas pelo, dan sebagainya,” ujar dosen berkacamata tersebut saat memberi materi Teori dan Pembelajaran Membaca di kampus PPs Unnes.

Anak, menurut Ida, harus diajak ngomong dan dirangsang bicara. “Makan sambil berbicara dan bercerita itu lebih baik,” tuturnya pada Kamis, (23/10/2014). “Dek, itu bolanya menuju ke sana. Contohnya seperti itu. Jangan diamkan anak. Peran ibu yang cerewet dan mampu merangsang bahasa anak sangat baik daripada ibu yang pendiam,” katanya. (Hamidulloh Ibda/Foto: IZ dok)

Baca juga selanjutnya yang berkaitan dengan perkembangan bahasa anak di bawah ini:

Cara Merangsang Perkembangan Bahasa Anak

0 Response to "Wanita Cerewet Sangat Positif Bagi Perkembangan Bahasa Anak"

Post a Comment