Arti dan Makna Qul Huwallahu Ahad

Qul huwallahu ahad artinya adalah "Katakanlah bahwa Dia adalah Allah, (Tuhan) yang Maha Esa." Kalimat qul huwallahu ahad merupakan ayat pembuka dalam Al Quran Surat Al Ikhlas.

Surat al ikhlas menjadi bagian dari salah satu surat yang sering dipakai umat muslim bersamaan dengan surat Al Fatihah. Sekilas tentang arti dan makna qul huwallahu ahad, kalimat ini menjadi substansi dan esensi dari sebuah ajaran tauhid bahwa Allah adalah Tuhan yang satu, yaitu Tuhan yang Maha Esa.

tulisan arab qul huwallahu ahad
Tulisan arab qul huwallahu ahad

Surat al ikhlas pada ayat pertama yang berbunyi qul huwallahu ahad mengajarkan kepada manusia, jin dan segenap makhluk di alam semesta untuk mengakui bahwa Tuhan pencipta alam semesta ini adalah esa. Dengan hadirnya Islam yang datang untuk menegakkan tauhid, maka penganut keyakinan yang menyembah berhala diberi petunjuk bahwa Tuhan yang maha Kuasa bersifat esa dan tunggal.

Makna qul huwallahu ahad
Makna qul huwallahu ahad adalah bahwa Allah sebagai Tuhan pencipta semesta memiliki eksistensi yang esa atau tunggal. Ayat ini kemudian secara berturut-turut dijelaskan dalam surat al ikhlas pada ayat kedua bahwa segala sesuatu yang ada di alam ini bergantung kepada-Nya.

Sebagai agama yang mengajarkan tauhid, Islam menjadi agama yang mengajarkan umatnya untuk meng-esakan Allah Swt. Banyak di antara agama dan keyakinan yang mempercayai banyak Tuhan.

Dengan hadirnya ajaran Islam, maka umat manusia di bumi disadarkan untuk mengetahui secara hakiki bahwa Allah, nama Tuhan yang dipuja dan disembah umat muslim memiliki sifat dan eksistensi esa atau satu.

Allah lah Tuhan yang maha esa di mana segenap makhluk di alam semesta, dari bumi hingga langit tujuh, semua bertasbih kepada Allah Tuhan yang maha esa. Keterangan ini termaktub dalam QS Al Isra ayat 44.

Untuk itu, melalui arti dan makna qul huwallahu ahad, kita harus sadar bahwa Allah lah Tuhan yang maha esa, Tuhan di mana tempat segenap makhluk bergantung, dan tempat untuk berserah diri. Jika ada patung, berhala, atau tempat sakral yang dijadikan tempat untuk meminta dan men-Tuhan-kan, maka perbuatan tersebut adalah syirik karena menduakan Allah yang maha esa.

Untuk mengetahui arti, hakikat dan makna dari surat al fatihah, silakan baca Arti dan Makna Surat Al Fatihah

1 Response to "Arti dan Makna Qul Huwallahu Ahad"