Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar

Arti dan makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara garis besar adalah maha suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan At Tirmidzi, kalimat yang secara berurutan menggabungkan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir memiliki keutamaan lebih baik dari pada dunia ini.

Arti dari subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara eksplisit bisa dimaknai sebagai kalimat tasbih yang berarti Allah merupakan dzat yang maha suci, tahmid yang maksudnya kita hendaknya selalu memuji Allah Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam, tahlil yang menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, serta takbir yang menyatakan kebesaran Allah.

Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar

Setelah mengetahui arti, maksud dan keutamaan kalimat subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar, coba kita mengkaji maknanya agar kita menjadi tahu hakikat empat kalimat mulia tersebut. Dengan demikian, kita menjadi tahu maksud dan makna saat mengucapkan empat kalimat mulia yang keutamaannya melebihi dunia dan seisinya itu.

Makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara mendalam mengajak kepada manusia untuk selalu menyadari sifat-sifat Allah sebagai Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam semesta.

Makna pertama, kita harus sadar bahwa Allah merupakan dzat yang maha suci. Dengan kesucian Allah, manusia dituntut untuk selalu mensucikan diri apabila ia ingin selalu dekat dengan Allah. Suci yang dimaksud adalah suci dari perbuatan maksiat dan hal-hal yang dilarang Allah. Tanpa kesucian, seorang hamba tidak akan bisa dekat dengan Tuhannya.

Makna kedua, maksudnya kita mesti selalu mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diberikan kepada Allah kepada kita. Ucapan alhamdulillah dalam setiap nikmat yang diberikan Allah menjadi kunci dari keberkahan dan rahmat. Apa pun itu, maka syukurilah.

Makna ketiga, artinya kita sebagai umat Muslim harus sepenuhnya sadar betul bahwa tidak ada Tuhan yang layak disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah. Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang dengan lantangnya mengucapkan lailahaillallah, tetapi hatinya masih menyimpan kepercayaan dan keyakinan kepada selain Allah, misalnya kepada benda-benda yang kemudian dituhankan.

Makna keempat adalah mengingatkan kita betapa Allah adalah maha besar. Dia lah yang menciptakan dan memelihara alam semesta beserta isinya, mulai dari partikel terkecil hingga bumi, langit dan galaksi. Tidak ada kebesaran yang menyamai kebesaran Allah.

Berikut ini adalah tulisan arab subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar. Dengan tulisan arab tersebut, diharapkan dzikir kita akan semakin kusyuk.

سُبْحَانَ اللّهِ  - والْحَمْدُللّهِ -  وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ  - وَ اللّهُ اَكْبَرُ

Demikian arti dan makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar beserta dengan maksud, terjemahan dan tulisan arab yang memiliki keutamaan lebih baik dari alam semesta dan isinya. Semoga bermanfaat. Amin.

Untuk mengetahui makna dan hakikat Surah Al Ikhlas, baca juga Arti dan Makna Surat Al Ikhlas Lengkap Beserta Terjemahannya

0 Response to "Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar"

Post a Comment