Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar

Arti dan makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara garis besar adalah maha suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan At Tirmidzi, kalimat yang secara berurutan menggabungkan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir memiliki keutamaan lebih baik dari pada dunia ini.

Arti dari subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara eksplisit bisa dimaknai sebagai kalimat tasbih yang berarti Allah merupakan dzat yang maha suci, tahmid yang maksudnya kita hendaknya selalu memuji Allah Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam, tahlil yang menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, serta takbir yang menyatakan kebesaran Allah.

Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar

Setelah mengetahui arti, maksud dan keutamaan kalimat subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar, coba kita mengkaji maknanya agar kita menjadi tahu hakikat empat kalimat mulia tersebut. Dengan demikian, kita menjadi tahu maksud dan makna saat mengucapkan empat kalimat mulia yang keutamaannya melebihi dunia dan seisinya itu.

Makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara mendalam mengajak kepada manusia untuk selalu menyadari sifat-sifat Allah sebagai Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam semesta.

Makna pertama, kita harus sadar bahwa Allah merupakan dzat yang maha suci. Dengan kesucian Allah, manusia dituntut untuk selalu mensucikan diri apabila ia ingin selalu dekat dengan Allah. Suci yang dimaksud adalah suci dari perbuatan maksiat dan hal-hal yang dilarang Allah. Tanpa kesucian, seorang hamba tidak akan bisa dekat dengan Tuhannya.

Makna kedua, maksudnya kita mesti selalu mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diberikan kepada Allah kepada kita. Ucapan alhamdulillah dalam setiap nikmat yang diberikan Allah menjadi kunci dari keberkahan dan rahmat. Apa pun itu, maka syukurilah.

Makna ketiga, artinya kita sebagai umat Muslim harus sepenuhnya sadar betul bahwa tidak ada Tuhan yang layak disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah. Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang dengan lantangnya mengucapkan lailahaillallah, tetapi hatinya masih menyimpan kepercayaan dan keyakinan kepada selain Allah, misalnya kepada benda-benda yang kemudian dituhankan.

Makna keempat adalah mengingatkan kita betapa Allah adalah maha besar. Dia lah yang menciptakan dan memelihara alam semesta beserta isinya, mulai dari partikel terkecil hingga bumi, langit dan galaksi. Tidak ada kebesaran yang menyamai kebesaran Allah.

Berikut ini adalah tulisan arab subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar. Dengan tulisan arab tersebut, diharapkan dzikir kita akan semakin kusyuk.

سُبْحَانَ اللّهِ  - والْحَمْدُللّهِ -  وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ  - وَ اللّهُ اَكْبَرُ

Demikian arti dan makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar beserta dengan maksud, terjemahan dan tulisan arab yang memiliki keutamaan lebih baik dari alam semesta dan isinya. Semoga bermanfaat. Amin.

Untuk mengetahui makna dan hakikat Surah Al Ikhlas, baca juga Arti dan Makna Surat Al Ikhlas Lengkap Beserta Terjemahannya

6 Responses to "Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar"

  1. Assalamualaikum,
    Saya ingin memberi saran saja. Bahwasannya di awal artikel islamcendekia.com sering muncul iklan applikasi yg bergambar wanita dg pakaian minim. Mohon lebih diperhatikan lagi. Sesama muslim kita wajib saling mengingatkan dalam rangka mendapat ridha dari Allah. Semoga Allah memuliakan kita di dunia maupun di akhirat.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  2. Ada pertanyaan tentang makna yang pertama yaitu ALLAH dzat yang Maha Suci.

    Apakah ada perbedaan antara suci dan Maha Suci ?

    Mungkinkah manusia bisa menjadi suci sehingga dia bisa sangat dekat dengan ALLAH ? Kalau bisa, sedekat apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bantu Menjawab
      Maha Suci disini kita yakin Bahwa arti Maha itu tiada tandingan seperti Suci Sekali lebih dari apapun seperti halnya Maha Besar artina besar sekali melebihi apapun.

      Delete
  3. Saya ingin bertanya tentang makna pertama bahwa manusia harus suci untuk bisa dekat dengan ALLAH Maha Suci.

    Apakah ada perbedaan antara suci dan Maha suci ? Definisinya ?

    Siapa yang menentukan kriteria suci? dan apa kriteria suci itu?

    Kalau sudah suci, maka bisa dekat dengan ALLAH maha suci, lalu sedekat apa ? Mohon dideskripsikan sedekat apa itu ?


    Terimakasih,

    Radot

    ReplyDelete
  4. Ulasan Arti dan Makna Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar sungguh berarti dan bermakna. Singkat, padat, bermanfaat!
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Radot Bac,
    Perkataan Maha hanya digunakan untuk tuhan yang Maha Esa iaitu Allah. Maha maksudnya greatest @ terhebat. Sedang suci adalah perkataan biasa jika nak dibandingkan dengan Maha Suci.

    Kena faham, pengertian Suci berbeda untuk makhluk dan tuhannya.

    Suci untuk makhluk @ manusia @ hamba di sini bermaksudnya bersih dari dosa dan noda dan perkara-perkara yang membawa kepada kemaksiatan kepada Allah SWT.

    Maha Suci untuk Allah di sini bermaksud Tuhan yang Maha Esa yakni tunggal, tiada tuhan yang layak disembah melainkan DIA yakni ALLAH dan tempat untuk makhluknya meminta pertolongan dan berdoa. Iaitu Allah, Tuhan yang tidak beranak dan tidak pula diberanakkan. Dan Allah tidak sama atau serupa dengan sesuatu apa jua pun di dunia ini atau di batasan akal fikiran manusia.

    Untuk pengetahuan mu, Allah lebih dekat dengan hambanya dari urat karotid dilehermu.

    ReplyDelete