Objek Wisata Malam di Demak Paling Populer

Objek Wisata Malam di Demak Paling Populer
Objek wisata malam di Demak paling populer sebagian besar didominasi oleh wisata religi-sejarah. Pasalnya, sebagaimana kita tahu, Demak didaulat sebagai Kota Wali sehingga hampir sebagian besar wisatawan datang untuk berziarah.

Coba saja datang ke wilayah kota Demak pada malam hari, maka beberapa obyek wisata di Demak paling populer dan sering dikunjungi adalah tempat-tempat bersejarah seperti makam Kadilangu dan masjid agung Demak.

Langsung saja, inilah daftar obyek wisata di Demak paling populer, sering dikunjungi, dan paling bagus menurut penilaian tim wisata religi IslamCendekia.Com.

Makam Kadilangu-Sunan Kalijaga
Makam Kadilangu-Sunan Kalijaga menjadi satu-satunya lokasi, tempat dan objek wisata di Demak yang paling banyak dikunjugi bukan hanya malam hari, tetapi juga setiap waktu. Coba saja datang ke makam Kanjeng Sunan Kalijaga, di sana ramai dikunjungi peziarah lintas daerah yang setiap hari selalu dibanjiri peziarah.

Tak ayal, redaksi kami menempatkan makam Kadilangu sebagai obyek wisata di Demak yang paling banyak dikunjungi, populer dan melegenda. Di Kompleks makam Kadilangu terdapat makam Kanjeng Sunan Kalijaga beserta dengan para keluarganya.

Selain itu, di sana juga terdapat makam Pangeran Arya Penangsang yang ceritanya melegenda dari zaman ke zaman. Tidak tahu secara pasti kenapa makam Pangeran Arya Penangsang justru berada di kompleks makam Kanjeng Sunan kalijaga, sementara para raja-raja Demak dan keturunannya dimakamkan di sekitar Masjid Agung Demak.

Yang jelas, politik kerajaan Demak waktu itu pecah setelah terjadi perang saudara antar keturunan raja Demak yang ingin menguasai tahta kerajaan. Perang saudara di kerajaan Demak yang menemui titik puncaknya adalah pertarungan Arya Penangsang Vs Sunan Prawoto (keduanya adalah sepupu, sama-sama pangeran dari kakek yang) yang berujung pada perselisihan antara Arya Penangsang Vs Joko Tingkir alias Sultan Hadiwijaya.

Di malam kadilangu sendiri terdapat sejumlah peninggalan sejarah dari Kanjeng Sunan Kalijaga, salah satu di antaranya batu tempat bersemedi Kanjeng Sunan dan genuk atau tempat air yang saat ini masih digunakan untuk tempat menyimpan air dan para pengunjung sering meminumnya di tempat atau dibawa pulang.

Masjid Agung Demak
Masjid agung Demak menjadi objek wisata di Demak paling populer kedua. Masjid yang dibangun oleh para walisongo ini berada di jantung kota Demak atau alun-alun Demak.

Pada malam hari, masjid agung demak masih dikunjungi para peziarah, meski tidak seramai di makam Kadilangu. Dengan ornamen khas Jawa Hindu-Islam yang merupakan perpaduan bangunan para sunan waktu itu, masjid agung demak memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Museum masjid agung demak
Museum masjid agung demak baru saja didirikan dan menjadi salah satu objek wisata di Demak paling populer pada malam hari.

Museum berada di sebelah masjid dan dekat dengan makam raja-raja demak. Oleh para wisatawan, museum masjid agung demak dijadikan objek berfoto ria, baik kelompok maupun selfie.

Makam raja-raja Demak
Makam raja-raja demak bersamaan dengan masjid dan museum yang berada dalam satu kompleks menjadi ketiganya mudah dikunjungi dalam satu tempat dan waktu.

Di kompleks makam raja-raja Demak terdapat para penguasa Demak pada zaman walisongo, di antaranya Raden Patah (pendiri kerajaan Demak yang waktu itu masih bernama Glagahwangi), Pati Unus (gugur di medan perang saat menggempur bangsa Portugis dan bergelar Pangeran Sabrang Lor), Sultan Trenggono, Sunan Prawoto, Pangeran Sedo ing Lepen, dan berbagai keturunan raja-raja Demak.

Demikian daftar objek wisata di Demak paling populer dan banyak dikunjungi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Objek Wisata Malam di Demak Paling Populer"

Post a Comment