Haul dan Festival Sunan Pojok Tokoh Islam Blora


BLORA, Islamcendekia.com –  Haul dan Festival Sunan Pojok Tokoh Islam Blora, Jawa Tengah sudah berlangsung. Sesuai agenda dari panitia haul, rangkaian kegiatan tersebut digelar 19 November 2014 sampai 25 November 2014. Seperti biasanya, haul Sunan Pojok Blora digelar setiap tanggal 27 Muharram atau tahun Hijriyah. 

Dari rangkaian acara, Khotmil Quran Binnador digelar 19 November 2014 dan penggantian kelambu. Pada 20 November 2014 digelar Khotmil Quran Bilgaib, Tahlil Umum dan Tausiyah oleh KH. Asnawi dari Kudus.

Pada 22-24 November 2014 digelar Parade Musik Religi, Parade Hijab, Musik Hadroh. Sedangkan pada 25 November 2014 digelar Ngarak Gunungan, Pawai Obor, Bancaan Rakyat serta Pengajian Umum bersama KH. Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Sidoarjo, Jawa Timur.

Bagi umat Islam yang mau berziarah dan berkunjung ke sana, bisa datang ke Makam Sunan Pojok di Blora. Makam tersebut terletak di pusat Blora, yaitu di dekat dengan Alun-Alun Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tepatnya di sebelah Utara Pasar Blora.

Dalam sejarah yang dihimpun Islamcendekia.com, Sunan Pojok Blora memiliki peran strategis dan berjasa besar bagi Blora dan sekitarnya. Bahkan, Sunan Pojok Blora memiliki banyak nama, gelar yang melekat. Dari beberapa sumber, nama-nama lain Sunan Pojok yaitu, Syaikh Amirullah Abdurrochim, Pangeran Sedah, Pangeran Pojok,  Pangeran Surabaya, Pangeran Surabahu, Wali Pojok Blora, Mbah Benun dan sebagainya. Beliau merupakan wali dan pejuang Islam yang berasal dari Mataram (Jogjakarta) yang berjuang menyebarkan agama Islam di Jawa khusunya di Blora. (IC/foto:AMN).

Ingin tahu tentang Barongan sebagai kesenian unik Blora, baca juga Barongan Blora dan Manfaatnya sebagai Media Kesehatan

0 Response to "Haul dan Festival Sunan Pojok Tokoh Islam Blora"

Post a Comment