Jodoh itu di Tangan Allah, Tapi Jika sudah 27 Tahun, Allah Lepas Tangan!


SEMARANG, Islamcendekia.com – Menurut Tajus Sarofi, penggagas Forum Muda Cendekia (Formaci) Jawa Tengah, jodoh itu di Tangan Allah, tapi jika sudah 27 tahun, Allah lepas tangan. Bagi pemuda kelahiran Brebes, Jawa Tengah itu, jodoh itu ibarat mencari jarum di tumpukan jerami.

“Jodoh itu di Tangan Allah, tapi jika sudah 27 tahun, Allah lepas tangan,” paparnya kepada Islamcendekia.com tak lama ini. Jika pemuda berumur 27 tahun, kata Tajus, kok belum memiliki jodoh, maka Tuhan lepas tangan. “Maka carilah jodoh secepatnya, sebelum berumur 27 tahun agar Tuhan tidak lepas tangan,” jelas mantan Ketua Bakdo HMI Jateng-DIY itu.

Pernyataan Tajus itu disampaikan ketika diskusi di kantor Forum Muda Cendekia Jawa Tengah. Menurut Tajus, bagi pemuda yang belum menikah, khususnya laki-laki harus siap-siap mencari jodoh dan mematangkan bekal sebelum menikah. “Menikah itu sebaiknya sebelum berumur 27 tahun,” ujar mahasiswa magister pascasarjana Undip tersebut.

Menanggapi hal itu, Hamidulloh Ibda, Direktur Utama Formaci Jawa Tengah menjelaskan sebenarnya ada tiga hal yang utopis dan menjadi misteri kehidupan. “Tiga hal itu meliputi rezeki, jodoh dan kematian. Semua orang sudah tahu hal itu, maka kita diwajibkan mempersiapkan apa saja sebelum menikah dan mati,” ujarnya.

Ibda yang juga penulis buku Stop Pacaran Ayo Nikah itu mengatakan sebenarnya usia menikah itu sudah ada patokannya. “Di buku  yang Saya tulis sudah kita jelaskan secara rinci, termasuk kritik untuk amandemen UU Perkawinan,” ujar Ibda.

Apa yang disampaikan Tajus, kata Ibda, merupakan pernyataan unik. Mengapa? Menurut Ibda, hal itu menjadi kesadaran bagi pemuda untuk menyiapkan segala hal, termasuk sandang, pangan dan papan. “Menurut Saya, usia ideal bagi laki-laki untuk menikah ya antara 24 sampai 27 tahun. Jangan sampai terlalu tua, dan terlalu muda. Mengapa? Pernikahan itu mengutamakan kenyamanan, bukan sekadar kemapanan saja,” ujarnya.

Pernyataan  Jodoh itu di Tangan Allah, tapi jika sudah 27 tahun, Allah lepas tangan ini jangan dimaknai secara tesktual, namun harus dimaknai untuk menyuntik semangat menyiapkan pernikahan bagi yang belum menikah. (ic/ahmad hasyim)


Anda masih jomblo, belum menikah, ingin punya istri cantik dan saleha, mau tahu tentang cara mencari istri saleha, silakan baca Cara Mencari Istri Saleha

1 Response to "Jodoh itu di Tangan Allah, Tapi Jika sudah 27 Tahun, Allah Lepas Tangan!"

  1. mas dipikir2 dulu dong arti dari pernyataan itu...mikir nya jgn setengah-tengah dong....

    ReplyDelete