Kampus Islam Ini Melarang Mahasiswinya Memakai cadar

SEMARANG, Islamcendekia.com - Kampus Islam ini melarang mahasiswinya bercadar. Larangan memakai cadar di lingkungan kampus islami ini seolah bertentangan antara dua hal. Pertama, Islam identik dengan cadar. Kedua, kampus Islam ini justru melarangnya.

Aturan larangan memakai cadar atau penutup muka ini berlaku di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Tidak ada alasan jelas terkait dengan pelarangan mahasiswi yang memakai penutup muka. Namun, larangan memakai cadar terpampang jelas dalam etika berpakaian Fakultas Syariah UIN Walisongo.

Selain melarang mahasiswinya untuk memakai cadar, Fakultas Syariah UIN Walisongo juga melarang mahasiswi memakai make up berlebihan dan pemakaian jilbab yang tidak sepenuhnya. Sementara itu, pemakaian jilbab yang diperbolehkan yang formal atau standar, serta make up tidak berlebihan.

Selain itu, Fakultas Syariah UIN Walisongo melarang mahasiswinya memakai celana jeans yang ketat. Menurut informasi yang dihimpun Islamcendekia.com, ada sejumlah alasan spekulatif dari mahasiswa yang menanggapi pesoalan etika berpakaian islami ala UIN Walisongo ini.

"Tidak tahu mas. Mungkin saja kalau diabsen biar kelihatan mukanya sehingga memakai cadar dilarang," ujar salah seorang mahasiswa Fakultas Syariah yang tidak mau disebut namanya.

"Ya, mungkin saja IAIN Walisongo kan kampus yang mayoritas orang NU. Jadi, biar kelihatan NU-nya, bukan kelihatan Islam Timur Tengahnya. Hehe," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) semester 5 yang juga tidak mau disebut namanya.

"Saya kira, UIN Walisongo itu kan kampus islami dengan corak dan karakter moderat, tidak menunjukkan sisi liberal-sekuler juga tidak menampakkan sisi konservatif, ya pokoknya tengah-tengah. Istilahnya, njawani atau meng-Indonesia lah," komentar Lismanto, alumnus Fakultas Syariah yang dihubungi via telepon, Selasa (11/11).

"Sebetulnya, cadar itu kan bukan budaya Islam, melainkan tradisi yang ada sebelum Islam yang kemudian oleh sejumlah kalangan diadopsi. Saya kira pihak birokrasi UIN Walisongo sudah punya dalil, landasan atau hujjah yang kuat soal fatwa haram memakai cadar ini. Hehe. Lebih lengkapnya silakan hubungi stakeholder Fakultas Syariah," imbuh Lismanto. (ic/prabu jayanegara)

Info mengenai perubahan IAIN menjadi UIN, baca juga IAIN Berubah Menjadi UIN Walisongo

0 Response to "Kampus Islam Ini Melarang Mahasiswinya Memakai cadar"

Post a Comment