Kartu Indonesia Pintar Jokowi Sudah Diluncurkan

Kartu Indonesia Pintar Jokowi Sudah Diluncurkan
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Jokowi
JAKARTA, Islamcendekia.com - Kartu Indonesia Pintar Jokowi sudah diluncurkan. Hal ini sesuai dengan rencana Presiden Joko Widodo yang telah merencanakan peluncuran kartu untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia tersebut, pada Senin (3/11) di Kantor Pos Jakarta Pusat.

Kartu Indonesia Pintar adalah kartu yang digunakan untuk masyarakat tidak mampu atau miskin agar bisa mewujudkan belajar wajib selama 12 tahun atau jenjang SMA. Bahkan, kartu indonesia pintar diklaim bisa digunakan untuk anak dari keluarga yang rentan terhadap kemiskinan.

Penerima Kartu Indonesia Pintar adalah siswa-siswi kategori tidak mampu atau rentan miskin pada tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), serta tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK). Yang dimaksud rentan miskin adalah kondisi keluarga yang berpotensi terancam kemiskinan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Anies Baswedan mengatakan bahwa kartu Indonesia Pintar juga berlaku untuk anak-anak yang putus sekolah seperti anak jalanan, anak difabel atau anak-anak yang ditampung dalam panti asuhan.

Hebatnya, sesuai kata Anies Baswedan, Kartu Indonesia Pintar juga bisa digunakan bukan hanya di lingkungan pendidikan formal, tetapi juga non formal, misalnya pondok pesantren.

Kritik Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Meski terkesan brilian, kartu Indonesia Pintar juga menuai kritik. Salah satunya kritik dari Ketua yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi yang menilai bahwa program kartu KIP merupakan kebijakan konyol yang sifatnya tidak mendidik serta tidak produktif.

Tidak mendidik dikarenakan program KIP diberikan dalam bentuk bantuan langsung sehingga akan menjadikan masyarakat menjadi tidak produktif. (ic/Lismanto)

0 Response to "Kartu Indonesia Pintar Jokowi Sudah Diluncurkan"

Post a Comment