Mahar Pernikahan Unik adalah Buku



Oleh Hamidulloh Ibda
Penulis Buku Stop Pacaran, Ayo Nikah!
Banyak orang berpikir dan ingin memberikan mahar berupa barang-barang mewah. Entah itu mobil, motor, rumah, perhiasan mewah dan sebagainya. Banyak juga orang memberikan mahar berupa seperangkat alat salat dan Alquran. Namun bagiku, hal itu sudah biasa bahkan sangat wajar. Mahar buku dalam pernikahan masih langka.

Saya sendiri terinspirasi dari Moh Hatta yang memberi mahar buku kepada istrinya saat menikah. Jauh sebelum itu, dulu zaman daulah bani Umayyah juga ada pernikahan yang maharnya berupa buku. Perempuan tersebut memilih pria yang memberi mahar 1 buku daripada perhiasan dan rumah mewah.
Saya terinspirasi Mohammad Hatta yang memberi mahar buku berjuduk "Alam Pikiran Yunani" saat menikahi Rachmi Rahim istrinya. Begitu juga dengan Muhammad Husnil yang memberikan mahar buku berjudul "Karya, Maharku" kepada istrinya.

Lebih memantabkan lagi, saya terinspirasi Apung Widadi, aktivis ICW yang memberi mahar buku berjudul "Korupsi Politik, Gurita Politik Transaksional" yang diberikan kepada istrinya. Maka, buku berjudul "Stop Pacaran, Ayo Nikah!" yang terbit 1 Januari 2014 Saya jadikan mahar pernikahanku dengan istriku pada 1 Juni 2014. Alhamdulillah juga, selain memberikan mahar buku Stop Pacaran Ayo Nikah, saya juga memberi mahar uang senilai Rp 161.400 dan motor Beat merah yang belum keluar nomor kendaraannya.

Lebih membuat Saya bahagia sekali, buku tersebut sekaligus menjadi souvenir dan oleh-oleh bagi setiap tamu undangan yang datang ke pernikahan kami. Sejak terbit 1 Januari 2014, banyak kalangan memberi kritik, saran, bantahan, juga pujian dan apresiasi terhadap buku yang saya tulis itu. Bagiku, hal itu wujud kepedulian mereka terhadap buku yang wajib dikritik tersebut. Semoga, Anda dan siapa saja terinspirasi dan memberikan mahar yang unik kepada istri Anda. Ya, sangat jelas dan logis bahwa Mahar Pernikahan Unik adalah Buku. Buku bukan segalanya, namun ia menjadi jendela kecil untuk melihat dunia yang sangat luas.

0 Response to "Mahar Pernikahan Unik adalah Buku"

Post a Comment