Walisongo Mediation Center (WMC) Gelar Pelatihan Mediasi Profesional

Walisongo Mediation Center (WMC) Gelar Pelatihan Mediasi Profesional
Walisongo Mediation Center (WMC) Gelar Pelatihan Mediasi Profesional, Kamis (20/11).

SEMARANG, Islamcendekia.com - Walisongo Mediation Center (WMC) bekerja sama dengan Fakultas Ushuludin UIN Walisongo menggelar pelatihan mediasi profesional yang diadakan di Kantor WMC, Semarang, Minggu (16/11) sampai Kamis (20/11).

"Pelatihan mediasi itu penting di tengah jutaan perkara yang menumpuk di berbagai pengadilan di seluruh Indonesia. Dengan penyelesaian perkara, konflik atau sengketa melalui mediasi, kita bisa mengurangi tingkat penumpukan perkara di pengadilan," ujar Tolkah M.Pil, MA sebagai salah satu trainer pelatihan mediasi. Pun, lanjut Tolkah, proses mediasi jauh lebih murah ketimbang penyelesaian masalah melalui jalur litigasi (red: hukum).

"Di Fakultas Ushuludin itu ada jurusan konsentrasi agama dan perdamaian. Jadi, setiap dosen diwajibkan untuk mengikuti training mediasi profesional. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Walisongo Mediation Center menyelenggarakan pelatihan ini," tutur Mantan Dekan Fakultas Ushuludin Dr H Nasirun Amin, M.Ag yang juga mengikuti pelatihan.

Pelatihan mediator profesional diikuti 10 dosen Fakultas Ushuludin UIN Walisongo dan 1 alumnus Fakultas Syariah. "Pelatihan ini mengajarkan peserta tentang teori-teori negosiasi, mediasi, resolusi konflik, hingga pada peace studies atau studi perdamaian," imbuh Tolkah.

"Dalam mediasi, yang ada adalah penyelesaian konflik dengan sistem win-win solution, bukan win-lose solution sebagaimana lumrah dipahami dalam kajian hukum. Bagi saya, kampanye perdamaian dan sosialisasi tentang mediasi-negosiasi kepada masyarakat itu penting di tengah sistem hukum Indonesia yang terlampau sangat positivistik ini," kata Lismanto SHI, salah satu peserta pelatihan.

0 Response to "Walisongo Mediation Center (WMC) Gelar Pelatihan Mediasi Profesional"

Post a Comment